Home blog Tak Hanya Pada Komputer, Sistem Operasi Juga Bisa Ditemukan Pada Mobile

Tak Hanya Pada Komputer, Sistem Operasi Juga Bisa Ditemukan Pada Mobile

25 min read
Comments Off on Tak Hanya Pada Komputer, Sistem Operasi Juga Bisa Ditemukan Pada Mobile
0
4,991

Ketika anda mendengar kata “sistem operasi“, apa yang akan anda pikirkan? Kata ini sering kita dengar saat kita sedang membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan gadget seperti smartphone dan perangkat komputer.

Kalau begitu, bisakah anda menyebutkan apa sebenarnya yang dimaksud dengan sistem operasi itu? Sistem operasi atau yang oleh kebanyakan orang disebut OS (Operating System) merupakan sebuah sistem software (perangkat lunak).

Untuk anda yang sering menggunakan gadget atau komputer dalam kehidupan sehari-hari anda harus mengetahui beberapa hal penting yang berkaitan dengan sistem operasi tersebut. Dengan mempelajarinya, anda bisa lebih mengenal atau mengetahui berbagai informasi tentang dasar teknologi informasi.

Tahukah anda kalau di dalam satu komputer, kita bisa menjumpai banyak sekali program aplikasi? Bukan hanya komputer, di smartphone yang sering anda gunakan pun hal yang sama juga terjadi.

Meskipun banyak aplikasi di dalamnya, namun komputer tersebut mampu menjalankan beberapa program aplikasi sekaligus. Artinya, dalam satu waktu, komputer mampu menyelesaikan tidak hanya 1 pekerjaan, melainkan lebih dari satu sekaligus.

Tak heran jika teknologi ini sangat bernilai untuk masyarakat, karena sejak pertama kali benda ini muncul sudah banyak membantu dan mempermudah pekerjaan manusia, bahkan sampai sekarang fungsinya masih tetap sama, namun lebih kompleks dan canggih.

Apakah anda pernah bertanya bagaimana bisa komputer melakukan banyak pekerjaan sekaligus?

Jawabannya adalah berkat adanya sistem pengatur yang memang sengaja diletakkan di dalam komputer tersebut. Sistem inilah yang kita kenal sebagai sistem operasi. Itulah mengapa penting bagi kita untuk mengenal dan memahaminya.

Pada artikel kali ini akan dijelaskan lebih detail mengenai pengertian dari sistem operasi tersebut dan beberapa fungsinya yang perlu anda ketahui. Mari kita langsung simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Sistem Operasi?

Seperti yang telah kami sebutkan tadi, sistem operasi atau OS sebuah sistem perangkat lunak yang sangat penting untuk menjalankan komputer.

Inilah yang betugas mengelola perangkat keras komputer dan sumber daya perangkat lunak, serta menyediakan layanan umum untuk program komputer.

Dengan demikian, anda dapat berinteraksi dengan komputer tanpa harus mengetahui ataupun memahami bahasa komputer. Tanpa sistem operasi, maka komputer tidak akan berguna.

Sistem operasi berbagi waktu (time-sharing) membantu menjadwalkan tugas untuk penggunaan sistem yang efisien dan mungkin juga termasuk perangkat lunak akuntansi untuk alokasi biaya waktu prosesor, penyimpanan massal, pencetakan dan sumber daya lainnya.

Untuk fungsi perangkat keras seperti input dan output serta alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dijalankan langsung oleh perangkat keras.

Sistem operasi ditemukan pada banyak perangkat, mulai dari telepon seluler dan konsol permainan video ke server web dan superkomputer.

Hal penting yang harus anda ketahui tentang fungsi OS adalah bahwa sistem ini bisa melakukan semua perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan.

Bagaimana caranya sistem ini melakukan hal tersebut?

Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka OS akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

Jenis-Jenis Sistem Operasi

Ketika anda pertama kali membeli sebuah komputer, sistem operasi biasanya sudah langsung terpasang di dalamnya. Sebagian besar pengguna komputer akan langsung menggunakan sistem operasi tersebut, tetapi mereka dapat mengubahnya dengan sistem operasi yang lain.

Pada umumnya, terdapat tiga sistem operasi komputer yang umum paling sering digunakan, yaitu Microsoft Windows, Mac OS X dan Linux. Anda pasti pernah mendengarkan ketiga nama sistem operasi ini kan?

Seiring dengan berjalannya waktu dan semakin berkembangnya teknologi dan pengetahuan manusia, kini OS yang ada telah menggunakan grafis antar muka pengguna yang disebut GUI.

Melalui GUI, anda dapat menggunakan mouse untuk klik ikon, tombol dan menu. Selain itu, GUI menampilkan semua informasi pada komputer menggunakan kombinasi grafis dan teks.

Setiap sistem operasi memiliki GUI yang berbeda-beda, maka mungkin anda akan membutuhkan waktu beberapa saat untuk beradaptasi dengan GUI yang baru. Akan tetapi anda tiak perlu khawatir karena sistem operasi modern telah dirancang untuk dapat digunakan dengan mudah dan mayoritas memiliki fitur-fitur dasar yang sama.

Untuk lebih mengenal sistem tersebut, berikut ini akan kami sebutkan dan sedikit memberikan penjelasan tentang beberapa jenis dari OS yang paling banyak digunakan oleh masyarakat.

  • Microsoft Windows

Ini adalah jenis yang paling populer atau yang paling sering kita dengar dan gunakan. Microsoft menciptakan sistem operasi Windows pada pertengahan tahun 1980-an.

Sampai hari ini sudah terdapat banyak versi Windows, yang terus berkembang dengan berbagai perubahan yang jauh lebih baik dari yang sebelumnya. Adapun beberapa versi terbarunya adalah Windows 10 (dirilis pada tahun 2015), Windows 8 (dirilis pada tahun 2012), Windows 7 (dirilis pada tahun 2009) dan Windows Vista (dirilis pada tahun 2007).

Windows biasanya sudah terpasang langsung pada komputer-komputer baru sehingga membuatnya menjadi sistem operasi yang populer.

  • Mac OS X

Jenis yang kedua adalah Mac OS, yang merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Apple. Sistem operasi ini sudah terpasang pada semua komputer Macintosh (disebut Mac) baru.

Semua versi Mac OS yang terbaru dikenal sebagai OS X (diucapkan OS Ten), termasuk beberapa versi lainnya seperti El Capitan (dirilis pada tahun 2015), Yosemite (dirilis pada tahun 2014), Mavericks (dirilis pada tahun 2013), Mountain Lion (dirilis pada tahun 2012), dan Lion (dirilis pada tahun 2011) .

Berdasarkan StatCounter Global Stats, pangsa pasar pengguna sistem operasi Mac OS kurang dari 10 persen dari pengguna global sistem operasi.

Statistik ini jauh lebih rendah dari persentase pengguna sistem operasi Windows (lebih dari 80 persen). Salah satu penyebabnya adalah dikarenakan harga komputer Apple yang cenderung lebih mahal, sehingga tak semua orang bisa menikmati sistemnya. Namun, banyak orang lebih menyukai tampilan sistem operasi Mac OS X daripada Windows.

  • Linux

Linux (diucapkan LINN-ux) adalah jenis sistem operasi open-source, yang kode programnya (source code) dapat dimodifikasi dan didistribusikan oleh siapa saja di seluruh dunia.

Sistem operasi Linux berbeda dari sistem operasi Windows yang bersifat proprietary (modifikasi kode program hanya dapat dilakukan oleh perusahaan pencipta Windows).

Beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dari penggunaan Linux adalah bisa digunakan secara gratis dan tersedia banyak varian Linux yang dapat anda pilih sesuai keinginan anda.

Menurut StatCounter Global Stats, pangsa pasar pengguna sistem operasi Linux kurang dari 2 persen dari pengguna global sistem operasi. Namun, sebagian besar komputer server menggunakan Linux karena relatif mudah untuk dimodifikasi.

Sistem Operasi Untuk Perangkat Mobile

Sistem operasi mobile (bahasa Inggris: mobile operating system, disingkat Mobile OS) adalah suatu sistem operasi yang mengontrol sistem dan kinerja pada barang elektronik atau mobile. Biasanya penggunaannya hadir di ponsel pintar, PDA, tablet komputer, dan PMP.

Banyak dari anda yang pasti bertanya sejak kapan mobile atau ponsel cerdas memiliki sistem operasi seperti yang ada pada komputer. Sistem operasi mobile sebenarnya telah lama hadir dalam kehidupan manusia, tepatnya 20 tahun yang lalu.

Sebelumnya, handphone hanya bisa untuk mengirim pesan dan melakukan panggilan atau menerima panggilan saja. Namun sekarang handphone sudah bisa terhubung dengan internet dan melakukan aplikasi bagai komputer, yang sekarang biasa disebut dengan smartphone.

Hal itu tidak akan dapat terjadi karena tanpa adanya Sistem Operasi Mobile yang terdapat pada smartphone atau handphone para pengguna.

Benar memang kalau sistem operasi yang telah kita pelajari sejauh ini pada awalnya memang sengaja dirancang untuk digunakan pada komputer atau desktop dan laptop. Namun untuk saat ini, hal yang sama telah diberlakukan untuk mobile.

Perangkat mobile (seperti ponsel, tablet dan pemutar MP3) berbeda dari komputer desktop dan laptop, sehingga mereka menggunakan sistem operasi yang dirancang khusus untuk perangkat mobile.

Contoh-contoh dari sistem operasi pada perangkat mobile adalah Apple iOS dan Google Android. Banyak dari anda yang mungkin sudah sangat sering mendengar istilah ini, bukan?

Fitur-fitur sistem operasi pada perangkat mobile umumnya tidak sama persis seperti sistem operasi yang dibuat untuk komputer desktop dan laptop, sehingga perangkat mobile tidak mampu menjalankan semua jenis perangkat lunak yang dapat dijalankan pada komputer dekstop atau laptop.

Jangankan dengan Laptop ataupun komputer, antara sistem operasi iOS dan Android sekalipun tidaklah sama. Ada beberapa hal yang membedakan keduanya.

Namun, anda masih bisa melakukan banyak hal melalui perangkat mobile, misalnya menonton film, browsing, mengelola kalender dan bermain game. Berkat adanya OS yang diciptakan untuk mobile ini, segala sesuatunya pun bisa menjadi lebih mudah.

Antara iOS dan Android, penggunaannya sistem operasinya akan berbeda. Begitu pula dengan beberapa yang lainnya, yang juga tak kalah populer dari mereka.

Sebelum kami menyebutkan apa-apa saja jenis atau contoh dari OS mobile yang ada saat ini, kami akan terlebih dulu memberikan sedikit penjelasan terkait tentang fungsi OS mobile sebenarnya.

Fungsi atau Kegunaan OS Pada Mobile

OS seluler bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan menentukan fitur dan fungsi perangkat seluler, termasuk keypad, sinkronisasi aplikasi, email, thumbwheel, dan perpesanan teks.

Sebuah OS seluler mirip dengan OS standar (seperti Windows, Linux, dan Mac), tetapi relatif sederhana dan ringan, terutama dalam mengelola variasi nirkabel koneksi lokal dan broadband, multimedia mobile dan berbagai metode input.

Untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan perangkat seluler yang melekat, OS seluler berjalan pada sumber daya terbatas yang menekankan komunikasi, seperti memori akses acak (RAM), penyimpanan dan unit pengolah pusat (CPU).

Di bawah ini adalah contoh yang menjelaskan cara kerja perpesanan teks di OS seluler:

  • Aplikasi seluler memungkinkan pengguna membaca dan menulis pesan untuk dikirimkan ke perangkat seluler melalui gelombang sinyal radio. Setelah perangkat menerima sinyal pesan, perangkat akan memberitahukan OS seluler, yang menyimpan pesan dan memberitahukan aplikasi pengiriman pesan.
  • Pengguna membaca pesan dan merespons dengan pesan balasan.
  • OS menggunakan antena perangkat keras untuk mengirim pesan.

Jenis-Jenis OS Mobile Terpopuler

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, iOS dan Android bukanlah satu-satunya jenis OS yang ada di dunia. Beberapa jenis OS lainnya juga tak kalah populer dan digemari oleh banyak orang. Apa sajakah itu?

1. OS Android (Google Inc.)

Sistem operasi seluler Android adalah tumpukan perangkat lunak terbuka dan gratis milik Google yang mencakup sistem operasi, middleware dan juga aplikasi utama untuk digunakan pada perangkat seluler, termasuk ponsel cerdas.

Pembaruan untuk sistem operasi Android mobile open source telah dikembangkan dengan nama versi “dessert-inspired” (Cupcake, Donut, Eclair, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich) dengan setiap versi baru yang tiba dalam urutan abjad dengan peningkatan-peningkatan baru.

2. Bada (Samsung Electronics)

Bada adalah OS mobile Samsung eksklusif yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2010. Samsung Wave adalah smartphone pertama yang menggunakan OS mobile ini. Bada menyediakan fitur mobile seperti multipoint-touch, grafik 3D dan tentu saja, unduhan aplikasi dan instalasi.

3. BlackBerry OS (Research In Motion)

OS BlackBerry adalah sistem operasi seluler eksklusif yang dikembangkan oleh Research In Motion untuk digunakan pada perangkat genggam BlackBerry yang sempat populer beberapa waktu lalu.

Platform BlackBerry sangat populer di kalangan pengguna korporat karena menawarkan sinkronisasi dengan Microsoft Exchange, Lotus Domino, email Novell GroupWise dan perangkat lunak bisnis lainnya, ketika digunakan dengan BlackBerry Enterprise Server.

4. iPhone OS / iOS (Apple)

Apple iPhone OS awalnya dikembangkan untuk digunakan pada perangkat iPhone itu sendiri. Sekarang, sistem operasi seluler disebut sebagai iOS dan didukung pada sejumlah perangkat Apple termasuk iPhone, iPad, iPad 2 dan iPod Touch.

Sistem operasi seluler iOS hanya tersedia pada perangkat buatan Apple sendiri karena perusahaan tidak melisensikan OS untuk perangkat keras pihak ketiga. Apple iOS berasal dari sistem operasi Apple Mac OS X.

5. MeeGo OS (Nokia dan Intel)

Sistem operasi seluler open source bersama yang merupakan hasil penggabungan dua produk berdasarkan teknologi open source, yaitu: Maemo (Nokia) dan Moblin (Intel).

MeeGo adalah OS seluler yang dirancang untuk bekerja pada sejumlah perangkat termasuk smartphone, netbook, tablet, sistem informasi di dalam kendaraan dan berbagai perangkat menggunakan arsitektur Intel Atom dan ARMv7.

6. Palm OS (Garnet OS)

Palm OS adalah sistem operasi mobile berpemilik (sistem operasi PDA) yang awalnya dirilis pada tahun 1996 pada perangkat genggam 1000 Pilot. Versi yang lebih baru dari Palm OS telah menambahkan dukungan untuk port ekspansi, prosesor baru, kartu memori eksternal, peningkatan keamanan dan dukungan untuk prosesor ARM dan smartphone.

Palm OS 5 diperpanjang untuk memberikan dukungan untuk berbagai resolusi layar, koneksi nirkabel dan kemampuan multimedia yang disempurnakan dan disebut Garnet OS.

7. Symbian OS (Nokia)

Symbian adalah sistem operasi seluler (OS) yang ditargetkan pada telepon seluler, yang menawarkan integrasi tingkat tinggi dengan fungsi komunikasi dan manajemen informasi pribadi (PIM).

Symbian OS menggabungkan middleware dengan komunikasi nirkabel melalui kotak pesan terintegrasi dan integrasi fungsi Java dan PIM (agenda dan kontak).

Nokia telah membuat platform Symbian tersedia di bawah model alternatif, terbuka dan langsung, untuk bekerja dengan beberapa OEM dan komunitas kecil dari kolaborator pengembangan platform. Nokia tidak mempertahankan Symbian sebagai proyek pengembangan open source.

8. webOS (Palm / HP)

WebOS adalah sistem operasi seluler yang berjalan di kernel Linux. WebOS pada awalnya dikembangkan oleh Palm sebagai penerus sistem operasi mobile Palm OS. Ini adalah OS Mobile berpemilik yang akhirnya diakuisisi oleh HP dan sekarang disebut sebagai webOS (huruf kecil w) dalam literatur HP.

HP menggunakan webOS di sejumlah perangkat termasuk beberapa smartphone dan HP TouchPads. HP telah mendorong webOS ke pasar ponsel enterprise dengan berfokus pada peningkatan fitur keamanan dan manajemen dengan peluncuran webOS 3.x.

9. Windows Mobile (Windows Phone)

Windows Mobile adalah sistem operasi seluler Microsoft yang digunakan di ponsel cerdas dan perangkat seluler, dengan atau tanpa layar sentuh. Mobile OS didasarkan pada kernel Windows CE 5.2. Pada tahun 2010 Microsoft mengumumkan platform smartphone baru yang disebut Windows Phone 7.

Dari kesembilan jenis di atas, manakah yang saat ini sedang anda gunakan? Selain sistem OS yang anda gunakan sekarang, apakah anda pernah menggunakan jenis yang lainnya?

Kalau pernah, apa pendapat anda tentang keduanya? Manakah menurut anda yang jauh lebih mudah dan memiliki keuntungan yang lebih banyak?

Beberapa orang mengatakan kalau OS Windows memiliki kelebihan yang lebih baik dibandingkan dengan yang lainnya, terutama dalam hal keamanan. Apakah anda setuju dengan itu? Silahkan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas di dalam hati saja, ya.

Demikianlah review mengenai Sistem Operasi pada komputer dan mobile yang bisa kamu sampaikan, penting sekali untuk anda tahu dan mengerti akan informasi diatas, karena di era teknologi modern ini tentu anda harus paham dengan perkembangan dunia teknologi tak terkecuali mengenai Sistem operasi Komputer.

Lagian, ini adalah sesuatu yang hampir setiap hari anda temui atau gunakan. Akan aneh rasanya jika anda tidak tahu apa-apa mengenai OS ini. Semoga informasi yang kami sampaikan di dalam artikel ini bisa mebrmanfaat atau berguna untuk anda.

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In blog
Comments are closed.

Check Also

Penjelasan Mengenai Oracle, Salah Satu Database Paling Banyak Digunakan Di Dunia

Penggunaan database di era modern seperti sekarang ini sudah banyak sekali digunakan sebag…