Home blog Penjelasan Mengenai Oracle, Salah Satu Database Paling Banyak Digunakan Di Dunia

Penjelasan Mengenai Oracle, Salah Satu Database Paling Banyak Digunakan Di Dunia

25 min read
Comments Off on Penjelasan Mengenai Oracle, Salah Satu Database Paling Banyak Digunakan Di Dunia
0
5,984

Penggunaan database di era modern seperti sekarang ini sudah banyak sekali digunakan sebagai salah satu solusi untuk pengelolaan data dengan mudah menggunakan metode komputerisasi. Hal ini karena dengan menggunakan database, pengelolaan data yang sangat besar dan banyak bisa diatur dengan rapi dan tentunya akan lebih mudah mengingat penggunaan database menggunakan pengolahan komputer.

Saat ini sudah banyak perusahaan maupun instansi yang lainnya yang menggunakan database untuk pengelolaan data mereka. Ada banyak sistem yang digunakan untuk mengelola database yang dibangun, kita sebut saja seperti misalnya sistem DBMS dan juga RDBMS yang mana memiliki kelebihan masing-masing pada pengelolaannya.

Selain itu, seiring perkembangannya juga ada banyak sekali software atau perangkat lunak yang diciptakan untuk mempermudah proses pengelolaan database. Pada masing-masing software memiliki interface yang berbeda satu sama lain, semua tergantung para user ingin menggunakan software pengelolaan database yang manapun.

Database merupakan salah satu elemen penting yang harus dipahami oleh para programmer maupun user dalam membangun suatu sistem komputer. DBMS atau Database Management System merupakan suatu software yang digunakan dan juga diaplikasikan untuk membantu melakukan manajemen dari sebuah database alias basis data dari suatu perusahaan atau instansi, dan menerapkan serta mengimplementasikan database tersebut ke dalam sistem komputer

Salah satu produk yang saat ini paling banyak digunakan untuk membangun sebuah database adalah Oracle. Oracle banyak dipilih karena memiliki keunggulan atau kelebihan tersendiri yang mana membuatnya menjadi lebih mudah digunakan dan tentunya juga lebih menguntungkan.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai oracle yang mana merupakan salah satu database yang paling banyak digunakan sekarang ini. Tentu ada banyak informasi yang bisa kita dapatkan dari pembahasan kali ini. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Oracle

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengelolaan data sekarang ini sudah banyak yang menggunakan teknologi sebagai solusi untuk mempermudah pengerjaannya. Dan juga sudah banyak yang mengelola datanya dengan metode komputerisasi yang kita kenal dengan istilah database.

Salah satu produk yang bisa digunakan untuk mengolah data atau mengumpulkan data adalah Oracle. Oracle memiliki produk yaitu Oracle database. Oracle telah melakukan pemasaran data dengan berbagai produk yang dimilikinya. Oracle database merupakan suatu kumpulan data yang dibuat oleh perusahaan oracle dan kumpulan data tersebut disimpan dalam manajemen basis data yang bisa disebut dengan RDBMS.

Sistem ini dibangun di sekitar kerangka database relasional di mana objek data dapat langsung diakses oleh pengguna (atau front end aplikasi) melalui bahasa query terstruktur (SQL). Oracle adalah arsitektur database relasional sepenuhnya terukur dan sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan global, yang mengelola dan mengolah data di jaringan area luas dan lokal.

RDBMS merupakan kepanjangan dari Relational Database Management System. Dengan menggunakan oracle database, kita bisa bertukar data dengan orang lain yang sudah diberikan hak akses terhadap data kita. Data bisa digunakan secara bebas sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Oracle merupakan Relational Database Management System yang berfungsi untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi. Oracle server memungkinkan untuk menyediakan solusi yang efekstif dan efisien karena kemampuannya dalam pengelolaan database.

Oracle dikembangkan tahun 1977 oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates melalui perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL). Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang. Oracle Server menyediakan solusi yang efisien dan efektif karena kemampuannya dalam hal sebagai berikut:

  • Dapat bekerja di lingkungan client/server (pemrosesan tersebar)
  • Menangani manajemen space dan basis data yang besar
  • Mendukung akses data secara simultan
  • Performansi pemrosesan transaksi yang tinggi
  • Menjamin ketersediaan yang terkontrol
  • Lingkungan yang terreplikasi

Server Oracle berisi Oracle Instance dan Oracle Database, dimana Oracle Instance berisi struktur memory yang disebut dengan system-global-area (SGA) dan background-process yang dipergunakan oleh server Oracle untuk mengatur database. Struktur memory dari Oracle Instance berada pada daerah memory yang disebut SGA, yang berisi data dan informasi pengontrol untuk server Oracle. SGA dialokasikan pada virtual memory komputer tempat server Oracle berada.

Oracle merupakan DBMS yang paling rumit dan paling mahal di dunia, namun banyak orang memiliki kesan yang negatif terhadap Oracle. Keluhan-keluhan yang mereka lontarkan mengenai Oracle antara lain adalah terlalu sulit untuk digunakan, terlalu lambat, terlalu mahal, dan bahkan Oracle dijuluki dengan istilah “ora kelar-kelar” yang berarti “tidak selesai-selesai” dalam bahasa Jawa. Jika dibandingkan dengan MySQL yang bersifat gratis, maka Oracle lebih terlihat tidak kompetitif karena berjalan lebih lambat daripada MySQL meskipun harganya sangat mahal.

Namun yang mereka tidak perhitungkan adalah bahwa Oracle merupakan DBMS yang dirancang khusus untuk organisasi berukuran besar, bukan untuk ukuran kecil dan menengah. Kebutuhan organisasi berukuran besar tidaklah sama dengan organisasi yang kecil atau menengah yang tidak akan berkembang menjadi besar. Organisasi yang berukuran besar membutuhkan fleksibilitas dan skalabilitas agar dapat memenuhi tuntutan akan data dan informasi yang bervolume besar dan terus menerus bertambah besar.

Sejarah Oracle

Kisah sukses Oracle Corp terkait dengan sejarah dan teori database relasional. Teori database relasional diperkenalkan hampir secara simultan oleh Edgar F. Codd (dalam artikelnya yang terkenal Large shared data banks) dan seorang penemu lain yang kurang dikenal, pada tahun 1969.

IBM adalah perusahaan pertama yang menerapkan model relasional ini dalam bahasa SQL, dengan produknya DB2. Sayangnya IBM agak ragu akan keampuhan SQL dan model relasional (nantinya akan berpengaruh pada ketertinggalan IBM di pasar database-server sistem operasi Unix dan Windows ).

Perusahaan Oracle didirikan pada tahun 1977 oleh tiga orang programmer, Bob Miner, Ed Oates, dan Larry Ellison yang menjabat sebagai CEO (Chief Executive Officer) selama beberapa tahun sampai saat ini. Perusahaan ini berkonsentrasi pada pembuatan database server di mainframe.

Dimulai tiga decade yang lalu, Larry Ellison yang secara rutin mengikuti jurnal penelitian IBM dan perkembangannya, menemukan sebuah makalah penelitian yang menggambarkan sebuah prototype yang bekerja untuk relasional system manajeman basis data (RDBMS).

Kemudian Larry Ellison menunjukannya ke rekan-rekan dia yaitu Bob Miner dan Oates di Ampek, dari hasil pembicaraan mereka diketahui bahwa tidak ada perusahaan yang telah berkomitmen untuk mengkomersilkan teknologi ini. Trio ini menyadari ada potensi bisnis luar biasa dalam database relasional, selanjutnya mereka bersama-sama mendirikan perusahaan yang akan menjadi ORACLE dan mengembangkan oracle database.

Meskipun sebagian besar perusahaan-perusahaan pada tahun 1977 menggunakan computer, namun sistemnya sangat besar dan sangat sulit dan hanya tenaga-tenaga terlatih dan professional yang bisa menggunakan mesin yang komplek untuk mengolah data input dan output.

Oracle pertama secara komersial menyediakan perangkat lunak database yang ditantang dapat dipergunakan untuk kebijakan konvensional, bahwa teknologi ini dihadapkan pada skala jumlah yang besar dari data-data atau angka-angka yang sangat banyak dari para pemakai. Visi, misi dan optimisme dari para pendiri Oracle membawa Oracle pada suatu revolusi didalam perusahaan dan usaha computer.

Sepanjang sejarahnya Oracle telah terbukti dapat membangun masa depan diatas dasar inovasi dan pengetahuan yang mendalam atas tantangan pelanggan dan keberhasilan yang dianalisa oleh para pemikir tehnik bisnis kelas dunia. Perusahaan berusaha sekuat tenaga dengan kekuatannya melayani pelanggan dan menerapkan teknologi sebagai kunci untuk mengambil keputusan bisnis dalam menghadapi kebijakan kovensional dan mengambil produk-produk dan jasa sebagai peluang baru.

Sekarang lebih dari sebelumnya teknologi Oracle dapat ditemukan dihampir setiap industri dan pusat data. Oracle adalah perusahaan pertama untuk mengambangkan dan menyebarkan seratus persen internet-enabled software enterprise diseluruh lini produk database, aplikasi bisnis, pengembangan aplikasi dan alat pendukung keputusan.

Inovasi adalah mesin kesuksesan Oracle. Oracle merupakan salah satu perusahaan yang pertama untuk membuat aplikasi bisnis yang tersedia melalui ide internet. Oracle telah memperkenalkan produk baru Oracle Fusion Middleware dan fungsi onalitas yang mencermikan tujuan-tujuan perusahaan untuk menghubungkan semua tingkat tehnologi perusahaan, memastikan pelanggan mendapatkan akses pengetahuan yang dibutuhkan untuk merespon kondisi pasar dengan cepat dan leluasa.

Tiga puluh tahun Oracle berjaya, Oracle menjadi patokan untuk database teknologi dan aplikasi-aplikasi di dalam perusahaan diseluruh dunia, dari mulai perusahaan-perusahaan yang kecil sampai perusahaan-perusahaan yang besar multinasional dan internasional.

Fungsi Oracle

Sebagai salah satu database yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, pastinya terdapat beberapa alasan yang menjadikan oracle sebagai salah satu pengelola database paling diminati, salah satunya adalah fungsi yang ditawarkannya. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang ada pada oracle :

  • Identifikasi data menjadi mudah

Dengan menggunakan oracle database, segala data bisa dikelompokkan sesuai dengan spesifikasi data masing-masing. hal ini bisa mempermudah kita sebagai pemilik data untuk melakukan klasifikasi data. Sehingga ketika suatu saat kita membutuhkan data tersebut, kita dengan mudah bisa menemukan data tersebut dan tidak kebingungan terhadap pengelompokan data. Data yang dicari mudah ditemukan dengan cepat dan tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukan pencarian tersebut.

  • Bisa terhindar dari data yang tidak konsisten

Dengan menggunakan oracle database, data bisa disimpan dan bisa menghindari adanya data yang tersimpan secara ganda. Data yang bersifat duplikat bisa dilakukan dengan mudah, dan ketika banyak data yang duplikat, hal tersebut bisa menjadi kesulitan tersendiri untuk kita sebagai pemilik database data tersebut. Karena kita sulit membedakan data mana yang asli dan data mana yang tidak sesuai. Oleh karena itu, oracle database bisa menghindari adanya data yang tidak konsisten atau duplikat.

  • Akses dipermudah

Dengan oracle database, kita juga bisa melakukan pengubahan pengaturan akses data. Sehingga data tidak bisa diakses oleh semua orang secara bebas karena data bersifat rahasia. Dengan begitu, anda bisa menjaga privasi data dan membagikan data tersebut ke orang-orang yang hanya memiliki hak akses terhadap data tersebut.

  • Kualitas data terjaga

Data akan tetap terjaga dalam oracle database. Mengapa demikian? Karena data tetap akan tersimpan dalam database dan tidak akan hilang. Sehingga sewaktu-waktu anda membutuhkan data tersebut, data bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Kualitas data akan tetap sama tanpa mengalami perubahan.

  • Penyimpanan data terjaga

Data tidak perlu lagi disimpan dalam rak yang berisi kertas yang menumpuk hingga memenuhi ruangan. Dengan menggunakan oracle database, kita bisa menyimpan data secara digital. Hal ini sangat efisien karena bisa menghemat ruangan yang kita miliki. Data dalam kertas bisa dilakukan penghematan agar ruangan tidak penuh kertas saja.

Keistimewaan Oracle

Seperti yang sudah dijelaskan, oracle sekarang ini menjadi salah satu database yang paling populer dan banyak digunakan di dunia. hal ini tentunya karena oracle memiliki keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan jenis database yang lainnya. Berikut ini adalah keistimewaan yang dimiliki oleh oracle :

  • Client/Server Environtment
    Oracle berjalan di jaringan komputer. Oracle memisahkan proses antara database server dan aplikasi client. Server yang terinstall Oracle bertanggung jawab menangani proses database, sementara workstation/client yang menjalankan aplikasi hanya berkonsentrasi menampilkan data. Struktur ini akan mengurangi kemacetan data.
  • Ukuran database yang besar dan pengaturan space
    Oracle mendukung ukuran database yang sangat besar hingga jumlahnya terabyte. Oracle juga mendukung pengaturan penggunaan space di harddisk sehingga ruang harddisk termanfaatkan dengan efisien.
  • Multiuser
    Oracle dapat melayani banyak user yang terkoneksi dalam waktu yang sama dan mengakses data yang sama. Dengan fasilitas ini Oracle mampu menghindari konflik data.
  • Connectibility
    Oracle dapat menggunakan berbagai sistem operasi dalam suatu jaringan untuk mengakses data.
  • High Transaction Processing Performance
    Oracle dapat mengatur sistem agar pemrosesan database berjalan cepat walaupun jumlah transaksi sangat banyak dalam suatu waktu.

Kelebihan Dan Kekurangan Oracle

Seperti halnya kebanyakan produk pada umumnya, oracle juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh oracle, antara lain :

Kelebihan

  • Client-server environment
    Fitur client-server juga disediakan oleh oracle database. Dengan adanya client-server environment proses yang terjadi bisa dipisahkan. Oracle database akan memisahkan antara database server dengan aplikasi yang digunakan oleh client. Sehingga dengan begitu, server akan melakukan tugas dan fungsinya dengan semua hal terkait database. Sedangkan client akan bertugas fokus pada aplikasi yang digunakan untuk menampilkan data dari database. Dengan adanya hal tersebut, proses yang dilakukan oleh oracle database bisa lebih cepat dan tidak mengalami kemacetan.
  • Multi-user
    Oracle database bisa diakses banyak user dalam waktu yang bersamaan. Hal ini sangat memudahkan user sehingga user bisa melakukan pertukaran data dan mengakses data secara bersama-sama.
  • Diakses berbagai sistem operasi
    Menjadi salah satu kelebihan yang sangat bermanfaat bagi user adalah oracle database bisa diakses oleh semua jenis sistem operasi. Hal ini sangat menguntungkan karena, berbagai macam user dan berbagai macam sistem operasi bisa terus melakukan aktivitasnya tanpa terganggu adanya perbedaan sistem operasi yang digunakan.
  • High Transaction Processing Performance
    Salah satu fitur ini bisa digunakan oleh oracle database untuk mempercepat transaksi yang sedang berjalan. Sehingga meskipun banyak transaksi atau proses yang dilakukan dalam database, pemrosesan database tetap akan berjalan dengan cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama.
  • Avaliability Data
    Data yang tersimpan dalam database bisa diakses penuh selama 24 jam. Dengan adanya hal ini, user bisa bebas kapan saja mengakses data ketika dibutuhkan. Oleh karena itu kemudahan akses data ini bisa ditemukan pada oracle database.
  • Security
    Oracle database telah dilengkapi berbagai keamanan untuk menjaga data. Dengan adanya keamanan data ini, user bisa menyimpan data dalam database dengan cukup mudah dan dilengkapi oleh keamanan yang cukup handal.

Kekurangan

  • Spesifikasi hardware tinggi
    Berbeda dengan database lain, oracle database adalah jenis database yang membutuhkan spesifikasi hardware pendukung lebih tinggi. Karena dengan terpenuhinya spesifikasi hardware tersebut, kinerja database akan semakin lancar. Namun hal ini tidak sesuai dengan perusahaan kecil, karena akan dimungkinkan bahwa perusahaan akan kesulitan untuk memenuhi standar spesifikasi hardware yang sesuai dengan oracle database.
  • Harga mahal
    Menjadi salah satu kelemahan dari oracle database adalah harganya. Harga untuk implementasi oracle database bisa dibilang cukup mahal karena oracle database adalah database yang kompleks dan bisa mendukung data perusahaan anda. Oleh karena itu harga oracle database sangat mahal.
  • Ukuran data bertambah menjadikan proses semakin lama
    Salah satu kelemahan oracle database adalah penambahan ukuran data sangat berpengaruh. Ketika ukuran data bertambah besar, maka proses akan mengalami keterlambatan pemrosesan. Oleh karena itu ketika mengimplementasikan oracle database harus diimbangi dengan data management yang bagus.

Demikianlah penjelasan mengenai oracle. Dengan menggunakan database, tentunya kita bisa mengelola data-data maupun berkas yang kita miliki dengan cara yang mudah dan tentunya lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan mengelola data secara manual.

Dengan menggunakan oracle, database yang kita bangun akan memberikan sebuah relasi atau penghubung antara file satu dengan yang lainnya yang mana tentunya hal ini akan lebih menguntungkan dan mempermudah kita di dalam mencari file atau berkas yang ada pada database yang kita bangun. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan terima kasih sudah membaca.

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In blog
Comments are closed.

Check Also

Penjelasan Mengenai RDBMS Beserta Perbedaannya Dengan DBMS

Untuk sebagian orang, mungkin istilah database bukanlah suatu hal yang asing. Karena sejat…