Home blog Penjelasan Mengenai “E-Book”

Penjelasan Mengenai “E-Book”

17 min read
Comments Off on Penjelasan Mengenai “E-Book”
0
2,274

Apakah Anda gemar membaca buku? Jika iya, maka Anda sama seperti saya yang juga hobi membaca. Saya yakin jika Anda rajin membaca maka Anda pun akan memiliki banyak pengetahuan dan wawasan dari apa yang telah Anda baca tersebut. Jadi apabila Anda ingin menguasai hal tersebut. Tentunya kita akan membaca terus, bahkan kita akan membeli buku-buku terbaru di toko buku terdekat atau di toko buku secara online.

Bicara tentang baca membaca, di era teknologi yang kian berkembang pesat ini, pasti Anda pernah mendengar yang namanya ebook. Kata ebook sendiri sering bertebaran di internet dan sering dijual-jual oleh banyak orang melalui internet. Tapi, apakah ebook itu? Jadi untuk lebih jelasnya mengenai e-book. Yuk kita simak ulasan di bawah ini.

Apa Itu E-Book?

E-book adalah teks yang disajikan dalam format yang memungkinkannya untuk dibaca di komputer atau perangkat genggam. Banyak judul yang tersedia dalam versi cetak yang dapat dibaca sebagai e-book, termasuk buku-buku bestseller fiksi, klasik dan referensi. E-book juga digunakan untuk membuat karya yang tidak dicetak, atau untuk memotong cetak sama sekali, seperti halnya karya-karya baru oleh para calon pengarang. E-book dapat terdiri dari teks elektronik atau mungkin juga mengandung tambahan, seperti audio, video atau hyperlink.

E-book dapat dibaca dengan menggunakan komputer pribadi atau dengan menggunakan pembaca e-book. (Pembaca e-book dapat berupa aplikasi perangkat lunak untuk digunakan pada komputer, seperti aplikasi Pustaka gratis Microsoft, atau komputer berukuran buku yang hanya digunakan sebagai perangkat baca, seperti eBook Rocket Nuvomedia.) Pengguna dapat membeli e-book di disket atau CD, tetapi metode paling populer untuk mendapatkan e-book adalah membeli file e-book yang dapat diunduh (atau bahan bacaan lain) dari situs Web (seperti Barnes and Noble) untuk dibaca dari komputer pengguna atau perangkat bacaan. Umumnya, e-book dapat diunduh dalam waktu lima menit atau kurang.

Meskipun tidak menggunakan aplikasi atau perangkat pembaca untuk membaca E-book (kebanyakan buku dapat dibaca sebagai file PDF), mereka populer karena mereka memungkinkan opsi yang serupa dengan buku kertas pembaca yang dapat mem-bookmark halaman, membuat catatan, soroti bagian-bagian teks yang dipilih. Kemungkinan pembaca e-book juga termasuk kamus built-in, dan ukuran dan gaya font yang dapat diubah.

Biasanya, perangkat genggam pembaca e-book beratnya sekitar dua puluh dua ons hingga tiga atau empat pon dan dapat menyimpan dari empat ribu hingga lebih dari setengah juta halaman teks dan grafik. Fitur yang populer adalah layar lampu latar (yang memungkinkan pembacaan dalam gelap).

Beberapa eBook dapat diunduh secara gratis atau dengan biaya yang lebih murah, namun, harga untuk banyak e-Book terutama buku terlaris mirip dengan buku-buku hardcover dan kadang-kadang lebih tinggi. Sebagian besar eBook di Barnes and Noble, misalnya, sebanding harganya dengan versi cetak tradisional mereka.

Jenis- Jenis E-book

Banyak orang yang beralih dari buku cetak kuno ke e-book yang jauh lebih berteknologi maju. Sebuah e-book adalah singkatan dari “buku elektronik.” Buku elektronik ini dapat disimpan di pembaca buku elektronik, seperti Kindle atau Nook. Ini tersedia di banyak tempat Anda juga dapat membeli buku yang sebenarnya yang kemudian akan diunduh ke ortablet pembaca elektronik. Baik bentuk buku-buku tradisional maupun bentuk-bentuk elektronik dan mampu memiliki opsi untuk menggunakan salah satu tanda yang indah dari zaman. Ada berbagai jenis e-book yang tersedia di pasaran. Beberapa jenis dijelaskan dalam tulisan ini:

  • E-book Download: Isi e-book tersedia di situs web untuk diunduh ke PC pengguna. Pengguna tidak perlu membeli perangkat bacaan khusus dan dapat menggunakan teknik web standar dan terkenal untuk mendapatkan buku ini.
  • Dedicated e-Books: Isi buku dapat didownload ke perangkat keras khusus; Ini memiliki layar berkualitas tinggi dan kemampuan khusus membaca buku. Sebagian besar kegiatan pusat e-book yang didedikasikan berpusat pada munculnya perangkat keras pembaca e-book khusus yang dirancang khusus dan dirancang untuk meningkatkan pengalaman membaca dan mereka menggabungkan kontrol khusus untuk membuat pembacaan buku menjadi mudah dan sederhana. Tidak perlu fasilitas akses PC atau Internet, karena pembaca memasukkan modem yang langsung menghubungi server penerbit e-book untuk mendownload buku.
  • E-book yang dapat diakses oleh web: Buku ini tetap ada di situs web penyedia layanan dan dapat diakses berdasarkan biaya. Pembaca dapat membeli buku-buku tersebut untuk menerima akses tak terbatas. Pengguna membutuhkan PC untuk mengakses e-book semacam ini.
  • Print-on-Demand Book: Isi buku disimpan dalam sistem yang terhubung ke printer berkualitas tinggi dan dari mana salinan cetak dan salinan diproduksi sesuai permintaan. Isi dapat diakses berdasarkan bab demi bab, untuk memungkinkan pembuatan satu salinan buku yang disesuaikan.

Fungsi E-book

Sebuah E-book berfungsi seperti buku-buku lainnya, di mana fungsi utamanya itu adalah sebagai media pembelajaran (untuk mencari ilmu dari e-book atau berbagi ilmu ke e-book). Anda bisa mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu dari e-book yang telah dibuat oleh banyak orang. Dan e-book tersebut bahkan ada yang dibagikan secara gratis dengan berbagai jenis e-book. Anda juga bisa berbagi tentang ilmu Anda melalui e-book. Misalnya: Anda memiliki keahlian tentang servis komputer. Berikut ini adalah beberapa fungsi E-book menurut kami:

  • Sebagai sarana pembelajaran.
  • Untuk media pembalajaran.
  • Untuk media bisnis.

Format E-Book

Format e-book yang dijelaskan di bawah ini adalah yang paling umum yang akan Anda hadapi ketika mengembangkan e-Book standar. Meskipun ada format kepemilikan lainnya, ini adalah format yang digunakan pada sebagian besar perangkat e-book dan dijual oleh pengecer besar. Untuk gambaran singkat tentang format dibandingkan satu sama lain, ada berbagai macam format ebook, format tersebut sesuai dengan perangkat yang digunakan, diantaranya yaitu:

  • EPUB

Format ePub adalah format terbuka yang dirancang oleh Open eBook Forum dan dikembangkan oleh International Digital Publishing Forum. Berdasarkan XHTML dan XML, itu dibuat dengan maksud untuk menjadi format file sumber dan format pengguna akhir. Contoh perangkat lunak yang dapat membuka format ini adalah menambahkan EPUB Reader Firefox, Adobe Digital Editions, dan QuickReader. Sementara itu, perangkat yang dapat membuka file ini termasuk iPhone, iPod Touch, iPad, Sony Readers, Kobo Reader dan Nook dari Barnes & Noble.

  • AZW

Ini adalah format Amazon yang digunakan secara eksklusif di Amazon Kindle. Pada dasarnya ini adalah format MOBI yang menggunakan opsi kompresi tinggi. Karena aplikasi Kindle telah dirilis untuk perangkat selain pembaca Kindle, file format AZW juga dapat dibuka di smartphone (iPhone, ponsel Android, dan BlackBerry), komputer (Mac dan PC), dan tablet (iPad, tablet Android, dan Windows 8 tablet).

  • LIT

Ini adalah format e-book yang dikembangkan untuk perangkat lunak Microsoft Reader. Ini asli perangkat PocketPC dan Windows Mobile, juga dapat ditemukan di PC dan eReader Hanlin. Namun, konten dalam format LIT dihentikan mulai November 2011, sementara mengunduh perangkat lunak Microsoft Reader dihentikan pada akhir Agustus 2012. Pengguna masih dapat menggunakan Microsoft Reader di perangkat mereka tetapi tidak dapat menambahkan konten baru lagi.

  • PDF

Format Dokumen Portabel dibuat oleh Adobe untuk produk Acrobat-nya. Ini adalah format e-book yang sangat populer karena dukungan perangkat lunak untuk format ini ada untuk banyak perangkat. Contoh pemirsa PDF adalah Adobe Reader, Pembaca Foxit, pembaca PDF Nitro, Penampil PDF-XChange, Xpdf, dan banyak lagi. Sebagian besar merupakan freeware. Satu kelemahan dari format ini adalah konten dalam PDF biasanya diskalakan untuk ukuran A4 atau huruf, yang menjadi tidak dapat dibaca ketika dikurangi agar sesuai dengan layar kecil pada ponsel cerdas.

  • ODF

ODF adalah singkatan dari OpenDocument Format. Ini adalah format file berbasis XML dan merupakan format default untuk OpenOffice, sebuah rangkaian produktivitas open source yang menjadi alternatif populer untuk Microsoft Office.

  • MOBI

Format e-book yang digunakan oleh MobiPocket Reader, MOBI awalnya dibuat sebagai ekstensi format PalmDOC. Ini dapat dibuka menggunakan perangkat lunak membaca MobiPocket, yang dapat diinstal pada banyak PDA dan smartphone. Ada batasan format MOBI. Misalnya, ukuran gambar tidak dapat diskalakan dengan ukuran font; tabel ditampilkan berbeda pada pembaca yang berbeda, terutama jika tabel mencakup lebih dari satu layar dan ada tidak adanya dukungan untuk nested tables. Pembaca pihak ketiga seperti Stanza, FBReader, Kindle untuk PC dan Mac, dan STDU Viewer dapat membuka file MOBI.

Satu hal yang harus diketahui oleh pengguna e-book adalah formatnya dapat tidak terlindung atau dilindungi oleh pembungkus DRM (manajemen hak digital). DRM, yang digunakan sebagai alat anti-pembajakan untuk melindungi penulis, dapat mencegah Anda membuka file e-book bahkan jika formatnya kompatibel dengan pembaca Anda.

  • XML

Tujuan dari markup language untuk pertukaran data, dalam konteks digital book pada umumnya yang terbatas di XHTML dan RSS feed walaupun sebagian format lain yang sudah ditetapkan.

  • Open Elektronic Book Package

Format ini populer dengan OPF FlipBook. OPF adalah sebuah format buku elektronik yang berbasis pada XML yang dibuat oleh sistem buku elektronik. Buku elektronik di format ini dikenal ketiak FlipBooks sebagai perangkat lunak penyaji menampilkan buku dalam format 3D yang dapat dibuka-buka (flipping).

  • Docx

Format Docx adalah format dari Microsoft Word yang sering dan banyak dijumpai sekarang dan tersebar di Internet, format ini sangat banyak digunakan karena pengguna dari Microsoft Word yang banyak dan file keluaran yang sangat kecil, serta huruf yang lebih banyak atau variatif membuatnya lebih digemari.

  • PDB (Palm File Database)

Bisa menyertakan beberapa format buku elektronik yang berbeda, yang ditampilkan untuk perangkat berbasis sistem operasi palm. Umumnya dipakai untuk buku elektronik berformat PalmDOC (AportisDOC) dan format eReader juga.

  • PRC (Palm Resource File)

Sering menyertakan alat baca MobiPocket namun kadang juga menyertakan eReader atau alat baca AportisDOC.

  • CHM (Compressed HTML)

Sering dipakai untuk filr bantuan Windows, hal ini sudah menjadi sangat terkenal untuk distribusi teks dan bahan pendukung lain dengan web.

  • XHTML

Versi khusus dari HTML dibuat supaya sesuai dengan aturan konstruksi XML, ini adalah format standar untuk data ePub.

  • XML

Tujuan dari markup language untuk pertukaran data, dalam konteks digital book pada umumnya yang terbatas di XHTML dan RSS feed walaupun sebagian format lain yang sudah ditetapkan.

  • JPEG

Format JPEG mempunyai ukuran yang besar daripada informasi teks yang dikandungnya, oleh sebab itu format ini sering digunakan bukan untuk buku elektronik yang mempunyai banyak teks, tetapi untuk jenis format buku komik atau mangan yang proporsinya lebih didominasi oleh gambar.

Demikian itulah artikel yang dapat saya sampaikan hari ini tentang e-book. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda sekalian.

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In blog
Comments are closed.

Check Also

Penjelasan Mengenai Oracle, Salah Satu Database Paling Banyak Digunakan Di Dunia

Penggunaan database di era modern seperti sekarang ini sudah banyak sekali digunakan sebag…