Home blog Monitor Komputer : Fitur, Fungsi, Jenis Serta Cara Kerjanya

Monitor Komputer : Fitur, Fungsi, Jenis Serta Cara Kerjanya

22 min read
Comments Off on Monitor Komputer : Fitur, Fungsi, Jenis Serta Cara Kerjanya
0
7,938

Monitor termasuk bagian dari perangkat keras komputer yang menampilkan informasi video dan grafik yang dihasilkan oleh komputer melalui kartu video. Monitor sangat mirip dengan televisi tetapi biasanya menampilkan informasi pada resolusi yang jauh lebih tinggi. Juga tidak seperti televisi, monitor biasanya tidak dipasang di dinding tetapi duduk di atas meja.

Monitor komputer adalah perangkat elektronik yang menampilkan gambar untuk komputer. Monitor sering terlihat mirip dengan televisi. Perbedaan utama antara monitor dan televisi adalah monitor tidak memiliki tuner televisi untuk mengubah saluran. Monitor sering memiliki resolusi layar lebih tinggi daripada televisi. Resolusi layar yang tinggi membuatnya lebih mudah untuk melihat huruf kecil dan grafik halus. Simak terus ulasan berikut.

Apa Itu Monitor Komputer?

Monitor komputer merupakan perangkat output yang menampilkan informasi dalam bentuk bergambar. Monitor biasanya terdiri dari perangkat display, sirkuit, casing dan catu daya. Perangkat tampilan pada monitor modern biasanya berupa layar kristal cair transistor film tipis (TFT-LCD) dengan lampu latar LED yang menggantikan lampu latar fluoresen lampu katoda (CCFL).

Monitor yang lebih tua menggunakan tabung sinar katoda (CRT). Monitor terhubung ke komputer melalui VGA, Digital Visual Interface (DVI), HDMI, DisplayPort, Thunderbolt, pensinyalan diferensial bertegangan rendah (LVDS) atau konektor dan sinyal berpemilik lainnya. Dalam hal ini monitor berperan sebagai perangkat output penyusun sebuah komputer dan sebuah komputer takkan bisa digunakan jika monitornya tidak ada.

Itulah alasan mengapa monitor dianggap sangat penting dalam sebuah komputer. Perangkat monitor tergolong kedalam perangkat keras komputer di bagian output. Bentuk Monitor komputer sangat mirip dengan televisi. Akan tetapi monitor komputer menampilkan informasi dengan resolusi yang jauh lebih tinggi.

Awalnya, monitor komputer digunakan untuk pemrosesan data, sementara penerima televisi digunakan untuk hiburan. Dari tahun 1980-an dan seterusnya, komputer (dan monitor mereka) telah digunakan untuk pemrosesan data dan hiburan, sementara televisi telah mengimplementasikan beberapa fungsi komputer. Aspek rasio umum televisi dan monitor komputer, telah berubah dari 4:3 menjadi 16:10 menjadi 16: 9.

Monitor komputer modern mudah dipertukarkan dengan perangkat televisi konvensional. Namun, karena monitor komputer tidak selalu menyertakan komponen seperti tuner televisi dan speaker, tidak mungkin menggunakan monitor komputer sebagai televisi tanpa komponen eksternal.

Fitur Yang Terdapat Dalam Monitor

Monitor komputer memiliki beberapa fitur tambahan yaitu seperti:

  • Penghematan energi

Sebagian besar monitor modern akan beralih ke mode hemat daya jika tidak ada sinyal input video yang diterima. Hal ini memungkinkan sistem operasi modern untuk mematikan monitor setelah periode tidak aktif tertentu. Ini juga memperpanjang umur layanan monitor.

Beberapa monitor juga akan beralih sendiri setelah jangka waktu siaga. Sebagian besar laptop modern menyediakan metode peredupan layar setelah tidak ada aktivitas atau saat baterai sedang digunakan. Ini memperpanjang masa pakai baterai dan mengurangi keausan.

  • Aksesori terintegrasi

Banyak monitor memiliki aksesori lain (atau koneksi untuk mereka) yang terintegrasi. Ini menempatkan port standar dalam jangkauan yang mudah dan menghilangkan kebutuhan untuk hub, kamera, mikrofon, atau set speaker lain yang terpisah.

Monitor ini memiliki mikroprosesor canggih yang berisi informasi codec, driver Antarmuka Windows dan perangkat lunak kecil lainnya yang membantu dalam memfungsikan fungsi-fungsi ini.

  • Layar glossy

Beberapa monitor, terutama monitor LCD yang lebih baru, dapat menggantikan lapisan matte anti-glare tradisional dengan yang mengkilap. Ini meningkatkan saturasi warna dan ketajaman yang memberikan pantulan dari lampu dan jendela semakin terlihat. Lapisan anti-reflektif kadang-kadang diterapkan untuk membantu mengurangi pantulan, meskipun ini hanya mengurangi efeknya.

  • Desain melengkung

NEC / Alienware bersama dengan Ostendo Technologies (berbasis di Carlsbad, CA) menawarkan monitor 42-inci (110 cm) melengkung (cekung) yang memungkinkan sudut pandang yang lebih baik di dekat tepi dan mencakup 75% penglihatan tepi. Monitor ini memiliki resolusi 2880×900, lampu latar LED dan dipasarkan sangat sesuai dipakai untuk bermain game dan kantor, namun memiliki harga nilai jual yang sangat mahal.

Sementara monitor khusus ini tidak lagi dalam produksi, sebagian besar produsen PC sekarang menawarkan semacam tampilan desktop melengkung. Layar sudut pandang sempit digunakan dalam beberapa aplikasi keamanan sadar.

  • 3D

Monitor yang lebih baru dapat menampilkan gambar yang berbeda untuk setiap mata, seringkali dengan bantuan kacamata khusus, memberikan persepsi kedalaman. Layar autostereoscopic dapat menghasilkan gambar 3D tanpa tutup kepala.

  • Touchscreen

Monitor ini menggunakan sentuhan layar sebagai metode input. Item dapat dipilih atau dipindahkan dengan jari dan gerakan jari dapat digunakan untuk menyampaikan perintah. Untuk itu, layar harus sering anda bersihkan untuk menghindari degradasi gambar dari sidik jari tersebut.

  • Layar Ultrawide

Monitor yang menampilkan rasio aspek 21: 9 sebagai lawan dari 16: 9 yang lebih umum.

  • Mounting

Monitor komputer dilengkapi dengan berbagai metode untuk memasangnya tergantung pada aplikasi dan lingkungan.

  • Desktop

Monitor desktop biasanya dilengkapi dengan dudukan untuk tempat monitor agar tampilannya lebih ergonomis. Penyangga dapat dilekatkan ke monitor menggunakan metode kepemilikan sesuai dengan, Video Electronocs Standards Association, VESA serta tunggangan standar. Stand dapat diperbaiki atau menawarkan berbagai fitur seperti penyetelan tinggi, putar horisontal dan orientasi layar lanskap atau potret.

Jenis Display Komputer

Jenis-jenis monitor antar lain yaitu sebagai berikut :

1. Monitor CRT

Ukurannya besar dan berat sehingga memakai banyak tempat atau ruangan meja dan listrik. Ini adalah teknologi tertua yang digunakan oleh monitor dan didasarkan pada teknologi tabung sinar katoda yang dikembangkan untuk televisi. Monitor dibuat dengan bagian yang lebih baik untuk memberikan resolusi tampilan dan ketajaman gambar yang lebih tinggi daripada televisi. Jenis monitor ini sudah tidak populer lagi.

2. Panel LCD

Yang ini jauh lebih tipis dan lebih terang daripada monitor yang memakai tabung sinar katoda. Monitor LCD termasuk jenis tampilan panel datar yang paling umum. Dan ini adalah teknologi yang lebih baru daripada CRT. LCD ini ukurannya lebih tipis dan lebih ringan serta mengggunakan listrik yang lebih sedikit dari CRT. Ini telah digunakan selama bertahun-tahun di layar laptop dan komputer notebook. Sehingga ini berfungsi sebagai layar sentuh di komputer, table, ponsel dan teknologi genggam lainnya.

3. Monitor LED

LED singkatan dari Light Emitting Diode. Tampilan LED adalah Monitor LCD yang menggunakan dioda pemancar cahaya untuk penerangan belakang. Monitor LCD pertama menggunakan lampu fluorescent katoda dingin bukan LED untuk menerangi layar. Ini menggunakan berbagai teknologi untuk membuat gambar termasuk LCD – Liquid crystal display dan DLP – pemrosesan cahaya digital yang menggunakan cermin sangat kecil untuk mengarahkan cahaya.

Beberapa type monitor LED memiliki fungsi dan fitur yang lebih canggih di banding monitor jenis LCD seperti adanya teknologi touch screen, Digital TV internet dan Digital TV tuner. Monitor LED juga dianggap mampu menghemat konsumsi daya hingga 40%-70% jika disbanding LCD dengan kemampuan menghasilkan gambar yang sangat tajam.

4. Monitor Plasma

Monitor ini pada dasarnya berusaha untuk menggabungkan kualitas gambar LCD yang baik, dengan sudut penglihatan CRT yang luas, sehingga menghasilkan sebuah monitor ramping yang bisa dilihat dari banyak sudut pandang. Monitor yang satu ini memiliki tingkat kontras yang tinggi, yaitu mencapai 10000:1, sehingga harganya relatif mahal, dengan konsumsi daya yang besar dengan suhu yang tinggi serta pixel pith yang digunakan sangat besar.

Cara kerja dari monitor ini yaitu memanfaatkan sebuah layar datar emisif, dengan sumber cahaya dari fosfor yang akan melepaskan muatan plasma di antara dua layar datar.

5. Monitor OLED

Jenis Monitor OLED (Organic Light-Emitting Diode) merupakan sebuah semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang dibuat dari lapisan organic. OLED sendiri di gunakan dalam teknologi elektroluminesasi seperti pada aplikasi tampilan layar dan sensor, kecanggihan teknologi ini terkenal lebih felxibel dengan ketipisan yang kurang dari 1 mm.

OLED diciptakan dari struktur yang terdiri dari lapisan kaca yang terbuat dari oksida timah-indium sebagai elektroda positif atau anoda, lapisan organik dari diamine aromatic mempunyai ketebalan 750 nm, lapisan pemancar cahaya yang terbuat dari senyawa metal kompleks misalnya 8-hydroxyquinoline aluminium dan lapisan elektroda negatif atau katoda terbuat dari campuran logam magnesium dan perak dengan perbandingan atom 10:1. Konstruksi keseluruhan lapisan tidak lebih dari 500 nm, artinya OLED sama tipis dengan selembar kertas.

Apa Fungsi Monitor Komputer?

Monitor berfungsi untuk menyalakan dan mematikan tampilan, mengontrol kecerahan, kontras dan posisi, antara lain:

  • CRT

Monitor CRT adalah tabung sinar katoda, mirip dengan televisi CRT. Televisi-televisi ini menggunakan elektron merah, hijau dan biru yang mengalir dari kiri ke kanan, mengisi setiap baris pada layar. Ketika elektron ini menghantam fosfor pada CRT, mereka bersinar untuk waktu yang singkat.

Mereka perlu disegarkan; kartu video dengan refresh rate yang terlalu rendah akan menyebabkan layar berkedip. CRT rentan terhadap jenis masalah lain seperti gambar yang dibakar ke layar, yang merupakan apa yang disebut “screensaver” yang tepat.

  • LCD

Sebuah layar kristal cair atau LCD adalah jenis monitor panel datar, yang berarti itu dirancang tipis. Fitur ini tidak harus bingung dengan layar datar, yang berarti layar monitor komputer datar bukannya melengkung. LCD menyegarkan layar mereka secara berbeda dari monitor CRT.

Layar LCD dibuat oleh tegangan listrik yang mengenai sel kristal cair, memungkinkan 64 nuansa berbeda per sel. LCD memiliki satu ukuran resolusi dan jika resolusi yang lebih kecil diadopsi, batas hitam akan muncul di sekitar resolusi ukuran kembali.

  • Dual Monitor

Selain membeli monitor yang lebih besar, mungkin bagi beberapa komputer dapat menampilkan informasi pada dua monitor terpisah. Ini adalah fitur dari kartu video (kartu video yang lebih baik menambahkan lebih banyak fitur). Monitor ganda berfungsi sesuai namanya; satu monitor diatur di samping yang lain, biasanya berdampingan.

Dalam mode “clone”, gambar yang sama ditampilkan pada kedua monitor. Dalam mode “dualview”, layar bertindak sebagai ekstensi satu sama lain, memungkinkan Anda untuk memindahkan kursor mouse dan jendela dari monitor untuk memantau.

  • Penggunaan Dual Monitor

Fungsi klon baik untuk proyeksi besar, dimana pengguna dapat memutar film atau video di monitornya dan salinan ditampilkan pada proyeksi yang lebih besar untuk ruangan yang penuh orang. Fungsi dualview lebih cocok untuk banyak tugas sekaligus, seperti melihat beberapa jendela, file dan spreadsheet.

  • Displays

Semua monitor memiliki jenis resolusi yang digunakan untuk menampilkan gambar. Ukuran LCD inci memberi tahu jenis resolusi mereka. Layar 17 inci dapat memiliki resolusi 1024×768, sementara layar 20-inci akan memiliki 1600×1200. Angka dalam inci adalah ukuran layar monitor secara diagonal, sedangkan resolusinya adalah lebar piksel menurut tinggi piksel.

Meskipun laptop memiliki monitor internal, beberapa laptop dilengkapi dengan port S-Video, yang memungkinkan kabel S-Video dipasang ke televisi tertentu. Ketika televisi diubah ke input yang sesuai, ia akan bertindak sebagai klon.

Bagaimana Monitor Komputer Bekerja?

Monitor komputer bekerja untuk memberikan umpan balik instan dengan menunjukkan gambar teks dan gambar saat Anda bekerja atau bermain. Kebanyakan display desktop menggunakan teknologi liquid crystal display (LCD) atau cathode ray tube (CRT), sementara hampir semua perangkat komputasi portabel seperti laptop menggabungkan teknologi LCD.

Monitor bekerja melalui sebuah tabung belakang yang menembakkan elektron menuju ke bagian dalam tabung. Bagian dalam tabung itu sendiri mempunyai kemampuan memendarkan cahaya sehingga kita bisa menyaksikan bahwa monitor bisa menghasilkan gambar-gambar yang sangat baik. Cara kerja monitor L26 tentunya berbeda dengan monitor RCT, karena dengan teknologi LCD. LCD lebih ramping dari monitor RCT.

Karena desainnya yang lebih ramping dan konsumsi energi yang lebih rendah, monitor yang menggunakan teknologi LCD (juga disebut panel datar atau display layar datar) menggantikan CRT di sebagian besar desktop. Resolusi mengacu pada jumlah titik warna individual, yang dikenal sebagai piksel, yang terdapat pada tampilan.

Resolusi dinyatakan dengan mengidentifikasi jumlah piksel pada sumbu horizontal (baris) dan angka pada sumbu vertikal (kolom), seperti 800×600. Resolusi dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk ukuran layar. Karena ukuran monitor telah meningkat selama bertahun-tahun, standar tampilan dan resolusi telah berubah.

Standar dan Resolusi Tampilan Umum

  • XGA (Extended Graphics Array) = 1024×768
  • SXGA (Super XGA) = 1280×1024
  • UXGA (Ultra XGA) = 1600×1200
  • QXGA (Quad XGA) = 2048×1536
  • WXGA (Wide XGA) = 1280×800
  • WSXGA + (Lebar SXGA plus) = 1680×1050
  • WUXGA (Wide Ultra XGA) = 1920×1200
  • WQHD = 2560 x 1440
  • WQXGA = 2560 x 1600
  • QSXGA = 2560 x 2048

Untuk monitor LCD layar lebar, rasio aspeknya adalah 16: 9 (atau kadang-kadang 16:10 atau 15: 9). Layar LCD layar lebar berguna untuk melihat film DVD dalam format layar lebar, bermain game dan menampilkan banyak jendela berdampingan. Ukuran layar biasanya diukur dalam inci dari satu sudut ke sudut secara diagonal di seberangnya.

Menariknya, cara ukuran layar diukur untuk monitor CRT dan LCD berbeda. Untuk monitor CRT, ukuran layar diukur secara diagonal dari tepi luar casing display. Untuk monitor LCD, ukuran layar diukur secara diagonal dari bagian dalam tepi miring. Monitor CRT dan LCD memiliki ukuran yang berbeda. Layar LCD17-inci akan sebanding dengan layar CRT 19-inci.

Itulah penjelasan mengenai monitor komputer. Monitor komputer ini adalah salah satu perangkat keras yang digunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuah CPU. Karena dengan monitor pengguna komputer dapat mengetahui apa yang sedang dioperasikannya, serta dapat mengetahui juga hasil pemerosesan data-data yang diolahnya. Yang juga berfungsi untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis. Sekian ulasan penjelasan mengenai ulasan ini, semoga dapat membantu anda.

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In blog
Comments are closed.

Check Also

Penjelasan Mengenai Oracle, Salah Satu Database Paling Banyak Digunakan Di Dunia

Penggunaan database di era modern seperti sekarang ini sudah banyak sekali digunakan sebag…