Home blog Mengenal Tentang Penggunaan Mouse Pada Komputer

Mengenal Tentang Penggunaan Mouse Pada Komputer

21 min read
Comments Off on Mengenal Tentang Penggunaan Mouse Pada Komputer
0
3,040

Dalam dunia komputer, ada beberapa bagian penting yang selalu digunakan. Salah satunya adalah mouse. Mouse ini juga merupakan bagian penting yang ada di komputer, karena jika tidak ada mouse maka akan sulit untuk menjalankan sebuah komputer.

Nah, apakah kalian ingin tahu tentang mouse pada komputer ini? Yuk, simak ulasannya disini.

Mouse Pada Komputer Memang Diartikan Sebagai Tikus

Mouse bisa dikatakan sebagai salah satu perangkat keras yang terdapat pada komputer. Pengertian mouse sendiri adalah device komputer yang termasuk kedalam alat input yang berfungsi untuk mengatur dan mengarahkan kursor (pointer) dalam melaksanakan perintah pada komputer.

Kalau diartikan secara bahasa Indonesia “Mouse” ini memiliki arti Tikus. Dinamakan Mouse (tikus) karena perangkat pada komputer ini memiliki bentuk seperti tikus dan mempunyai kabel yang mirip dengan ekor tikus. Selain itu, cara kerja mouse juga seperti tikus yang suka menyelinap lho.

Perangkat mouse ini sendiri telah mengalami perkembangan yang bisa dibilang sangat pesat sejak awal kemunculannya. Pada waktu dulu, mouse  masih menggunakan sebuah bola kecil yang terletak pada bagian bawahnya dan ini berguna sebagai sensor.

Kalau mouse yang sekarang sudah lebih maju bahkan ada yang tidak membutuhkan kabel sebagai media penghubungnya. Dan tentunya juga hal ini bisa kita lihat dari bentuknya yang semakin lama semakin terlihat modern.

Jika pada komputer mungkin kita memang membutuhkan mouse, namun pada laptop fungsi mouse atau kinerja mouse dapat digantikan oleh touchpad. Touchpad ini merupakan papan sentuh yang berfungsi untuk menggerakkan cursor dan fungsi lainnya.

Akan tetapi, tetap saja tidak dapat dipungkiri kalau para pengguna komputer atau laptop masih sangat membutuhkan yang namanya mouse untuk membantu mereka menggerakkan cursor pada komputer.

Sebelum Mouse Dikeluarkan Ada Beberapa Alat Pendeteksi Yang Diciptakan

Apakah kalian tahu kapan mouse ditemukan dan siapa yang telah menemukannya. Mouse ini ternyata pertama kali ditemukan oleh Douglas Engelbart dari stanford Research Insitute pada tahun 1963.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa mouse ini adalah suatu alat yang terdiri dari beberapa alat penunjuk (pointing device) yang dikembangkan untuk oN Line System (NLS) milik Engelbard.

Pada waktu dulu mouse ini lebih sering disebut sebagai “bug” (serangga), sebelumnya ada juga dikembangkan beberapa alat deteksi yang menggunakan gerakan tubuh dan biasanya diletakkan di kepala dan dagu. Namun, karena pemakai lebih mengutamakan kenyamanan, maka mouselah yang dipilih untuk lebih  dikembangkan. Mouse pertama yang diciptakan memiliki ukuran yang besar dan menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk mendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y.

Engelbart kemudian meresmikan mouse ini pada 17 November 1970, dengan nama penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan grafis (X-Y position Indicator For A Display System). Mengenai mouse ini, kemudian dikembangkan oleh perusahaan komputer Apple, Inc. (Pengembang system operasi Macintosh). Maka dari itu, Apple-lah yang akhirnya mendapatkan paten dari penggunaan mouse.

Jenis Dari Mouse Komputer

Mouse yang dipakai pada komputer, tidak hanya memiliki satu model saja. Semakin berkembangnya teknologi, mouse juga mengalami banyak perubahan dan semakin canggih. Seperti apa sih jenis-jenis mouse yang kekinian?

Mouse Wireless

Teknologi terbaru keluaran dari mouse adalah mouse  yang dibuat dengan fitur wireless. Dengan adanya wireless maka kita gak perlu repot-repot menggunakan kabel lagi dan mouse ini juga bisa digunakan meski jaraknya jauh dari komputer.

Penggunaan dari mouse wireless ini ternyata sangat mudah, yaitu kalian hanya perlu mencolokkan wireless device ke port usb dan mouse kalian secara otomatis akan mendeteksi sinyal wireless tersebut.

Kalau dilihat dari segi harganya sih, tentu saja Mouse Wireless lebih mahal dari mouse yang ada di warnet-warnet. Namun, meskipun bisa dibilang ini termasuk barang mahal tetap saja ada kekurangan lainnya dari penggunaan mouse jenis ini. Kekurangannya adalah adanya baterai yang di letakkan pada mouse sehingga kalian harus menggantinya secara berkala jika baterai sudah dalam keadaan lemah atau low.

Mouse kabel

Kalau yang satu ini sangat sesuai dengan namanya yaitu mouse kabel. Ini merupakan jenis mouse yang sistem transmisinya masih menggunakan sistem kabel. Ini berarti, mouse ini harus mendapatkan sumber atau tenaga listrik untuk mengaktifkan mouse dari listrik yang mengalir pada kabel, plus mampu memberikan perintah input kursor dengan menggunakan media kabel. Kabel yang digunakan juga sangat mempengaruhi kualitas input kursor dari mouse.

Mouse PS 2

Pada mouse PS 2 masih digunakan sebuah konektor. Mouse ini telah booming mulai tahun 1987. Umumnya port yang diperuntukkan bagi mouse ini mempunyai warna hijau. Namun, sayangnya mouse jenis ini sudah sangat jarang dijumpai di pasaran. Namun jika kalian sudah membeli sebuah PC, kalian gak perlu terkejut karena mungkin di sana masih ada yang menyertakan port untuk mouse tipe ini.

Mouse Serial

Jenis mouse yang satu ini mungkin pada era zaman sekarang sudah tak banyak lagi digunakan, karena mouse ini merupakan jenis mouse yang digunakan pada masa lalu. Mungkin bisa dikatakan mouse ini adalah mouse jamannya era pentium 1 dan pentium 3 yang berjenis AT. Mouse ini juga dapat kalian kenali dengan mudah karena port serial mousenya memiliki beberapa pin pada ujung portnya.

Mouse USB

Hingga saat ini Mouse jenis USB masih yang paling umum dan paling banyak digunakan oleh pengguna komputer, karena Mouse USB sangat kompatibel untuk komputer jaman sekarang.

Dilihat dari bentuknya, Mouse USB mempunyaui ciri khas yang berbentuk port pada ujung kabelnya. Penggunaannya juga sangat mudah, yaitu kalian cuma tinggal colokkan atau plug ke port usb komputer dan kalian pun dapat menggunakan mouse ini.

Mouse Trackball

Jenis mouse track ball ini dapat dikenali dengan mudah, yaitu kalian dapat melihat perbedaannya ketika mouse diletakkan secara terbalik dan disitu kalian akan melihat adanya bola kecil yang digunakna untuk menggerakkan pointer.

Mouse Gaming

Mouse ini tentu sangat familiar bagi para gamers. Dikatakan mouse gaming karena gaming mouse memiliki fitur dan tombol tombol tambahan untuk digunakan untuk kebutuhan para gamers. Biasanya mouse hanya terdiri dari 2 tombol yang ada diatas dan 1 tombol scroll. Namun pada mouse gaming terdapat tombol tombol tambahan yang terletak dibagian kanan atau kiri mouse.

Kebanyakan mouse gaming memiliki port bentuk USB. Ini dikarenakan untuk memudahkan para penggunanya. Kalau dilihat dari harganya, harga mouse gaming ternyata lebih mahal jika dibandingkan mouse secara umum bahkan lebih mahal dari mouse wireless.

Mouse mini

Selain dari mouse standard, tentu saja masih mouse yang ukurannya lebih kecil. Mouse ini seringkali disebut sebagai jenis mouse mini. Mouse mini ini memiliki bentuk fisik yang sama persis dengan mouse standard, namun yang membedakan hanyalah dari ukurannya yang lebih kecil dibandingkan dengan mouse standard.

Ukuran mouse mini ini bisa dua kali lebih kecil dari mouse standard. Biasanya mouse mini ini banyak digunakan oleh para user laptop yang sering menggunakan mouse secara portable. Namun meskipun demikian, kenyamanan dalam menggunakan mouse mini ini agak berkurang, karena faktor genggaman yang cenderung kurang pas di tangan user.

Bagian-Bagian Dari Mouse Komputer

Setelah kita mengetahui jenis-jenis dari mouse, ada juga bagian-bagian dari mouse yang memiliki peran dalam penggunaanya. Inilah bagian dari mouse komputer:

Roda Gulir

Ada banyak mouse yang setidaknya memiliki satu roda yang digunakan untuk mengirim data ke komputer. Driver standar mouse ini akan menggulirkan data sesuai dengan GUI kalian. Sebagai contoh, jika  window yang kalian pakai adalah window browser, maka roda gulir akan memungkinkan kalian untuk menggulir ke atas dan ke bawah window itu.

Pada kebanyakan mouse, roda gulir juga memiliki fungsi sebagai tombol ketiga. Dalam beberapa kasus, menekan tombol gulir akan beralih menjadi mode scroll atau menjadi menonaktifkannya. Mode ini akan memungkinkan kalian untuk menggulir dengan menggerakkan seluruh mouse bukan dengan menggulirkan  roda.

Tombol

Tombol atau button mouse merupakan sebagian atau seluruh permukaan atas mouse. Ketika kalian menekan tombol, maka ia akan memberitahu komputer kalian untuk melakukan aksi di lokasi kursor pada layar. Sebuah mouse memiliki setidaknya satu tombol, meskipun sebagian besar memiliki dua atau lebih.

Pada beberapa mouse, seperti mouse standar untuk banyak komputer desktop Apple, seluruh permukaan atas mouse hanya memiliki satu tombol saja. Mouse yang memiliki dua-tombol akan memungkinkan kalian untuk memasukkan pesan yang berbeda pada komputer tergantung pada apakah kalian mengklik tombol kanan atau tombol kiri. Komputer akan menafsirkan klik yang berbeda berdasarkan pada konfigurasi driver mouse.

Sambungan

Mouse tidak dapat mengirimkan data jika tidak terhubung ke komputer. Beberapa mouse dapat terhubung ke komputer melalui kabel, sementara yang lain ada yang tanpa kabel. Jika mouse dilengkapi dengan kabel, kemungkinan kabel USB lah yang cocok dengan port USB komputer kalian.

Mouse sebelumnya menggunakan koneksi yang berbeda, seperti port serial atau PS 2. Mouse tanpa kabel terhubung ke komputer kalian dengan mengirimkan sinyal inframerah atau radio. Sinyal radio yang dikirim oleh mouse juga dikenal sebagai sinyal Bluetooth.

Deteksi  Gerak

Komputer kalian harus menerima data tentang gerak dan lokasi mouse. Dua komponen inilah yang paling umum untuk mengambil data ini adalah trackball dan sensor optik. Trackball adalah bola kecil yang ada di dalam rongga bawah mouse. Saat trackball bergulir pada permukaan, gigi internal akan mengkodekan data tentang posisi mouse.

Trackball ini masih membutuhkan beberapa perawatan, karena rongga ini dapat terisi dengan kotoran dan puing-puing, sehingga dapat menyebabkan ketimpangan dalam data gerak. Mouse optik menggunakan sensor optik untuk melacak gerakan mouse di seluruh permukaan.

Hal ini kurang rentan terhadap kesalahan yang disebabkan oleh asupan kotoran dan puing-puing, tapi sensor optik dapat melakukan hal yang berbeda tergantung pada sifat reflektif dari permukaan mouse. Sebuah sensor gerak ketiga dan kurang umum adalah giroskop internal. Ini akan menghilangkan kebutuhan untuk setiap jenis kontak antara mouse dan permukaan.

Aps Saja Kegunaan Dari Mouse Ini

Kita semua pastinya sudah tahu kalau mouse ini merupakan perangkat peripheral komputer yang mana berfungsi untuk melakukan input data pada sebuah komputer. Namun ternyata kegunaan dari mouse gak cuma itu, mouse memiliki kegunaan yang lain yang tentunya juga berguna dalam pengoperasian komputer. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang ada pada mouse, antara lain :

Untuk mengeksekusi suatu program

Mouse juga memiliki peranan penting dalam hal ini. Kita biasanya sangat sering menggunakan mouse untuk membuka file atau menjalankan program. Pada umumnya suatu file ataupun program dapat dibuka dan dijalankan dengan cara melakukan double click pada mouse.

Untuk memilih objek

Ini adalah aktivitas yang tidak bisa kita hindari dalam dunia komputer. Mulai dari memilih file, folder, bahkan kata-kata dalam program penulisan seperti Microsoft Word. Dengan menggunakan mouse kita dapat melakukan pilihan sesuai dengan keinginan.

Melakukan drag dan drop

Dengan menggunakan mouse kita seringkali melakukan proses drag and drop pada item-item di dalam komputer kita, mulai dari operasi move, cut, sampai copy. Dengan didukungnya kemampuan ini melalui mouse, maka ini akan memudahkan kita dalam melakukan operasi-operasi sederhana tersebut.

Mendapatkan informasi melalui hover mouse

Hover adalah keadaan dimana pointer kita berada pada menu, file atau folder tertentu. Ketika pointer ada dalam kondisi hover, maka kita akan melihat sebuah informasi yang ditampilkan. Informasi inilah yang disebut sebagai tooltips. Fungsi ini sangat berguna bagi kita untuk segera mengetahui apakah fungsi dari item yang akan kita click.

Mungkin kita kurang perhatian dengan fitur yang satu ini. Jadi ketika kita mengoperasikan komputer atau laptop kita, cobalah untuk melakukan eksplorasi mengenai fitur hover ini.

Melakukan operasi scroll

Coba kamu cermati apa yang paling sering kamu lakukan ketika tengah membaca artikel-artikel dalam halaman ini. Ya. Benar sekali, kamu paling banyak melakukan scrolling, yaitu proses menjelajah isi halaman dengan menggulungnya.

Tentu scrolling bukanlah satu-satunya cara supaya kamu bisa membaca artikel ini terus ke bawah. Sebagai nantinya kamu bisa menggunakan tanda panah (arrow) pada keyboard kamu. Namun itu akan sangat tidak praktis. Jelas bahwa fitur dukungan mouse ini sangat membantu aktivitas kamu dalam mengoperasikan komputer maupun laptop kamu.

Kegunaan lainnya

Kegunaan lain yang dimaksud di sini adalah fungsi-fungsi lanjut dari mouse yang umumnya digunakan pada bahasa pemrograman. Jika kamu adalah seorang programmer, kamu tentunya sudah tidak asing dengan hal ini. Sebagai contoh ketika kita membuat sebuah program, kita menginginkan suatu event berjalan ketika mouse sedang melakukan suatu prosedur.

Nah, itulah hal yang bisa kalian ketahui dari mouse komputer. Meskipun terlihat kecil, namun tanpa benda yang satu ini komputer sehebat apapun tidak akan nyaman digunakan.

 

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In blog
Comments are closed.

Check Also

Penjelasan Mengenai Oracle, Salah Satu Database Paling Banyak Digunakan Di Dunia

Penggunaan database di era modern seperti sekarang ini sudah banyak sekali digunakan sebag…