Home blog Kenali Sound Card, Jenis Serta Cara Kerjanya

Kenali Sound Card, Jenis Serta Cara Kerjanya

18 min read
Comments Off on Kenali Sound Card, Jenis Serta Cara Kerjanya
0
4,012

Apa yang kamu ketahui mengenai Sound Card? Sound card ialah tempat alat penghubung ketika anda ingin mendengarkan sesuatu yang ada pada komputer. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan mengenai pengertian sound card, jenis-jenis sound card dan fungsinya. Penasaran bukan? Yuk mari kita simak ulasan dibawah ini secara bersama-sama.

Pengertian Sound Card

Sound Card (Kartu Suara) merupakan salah satu perangkat keras yang ada pada komputer dan memiliki fungsi untuk mengolah data berupa suara, seperti musik, vidio, dan sebagainya. Namun, pada awalnya sound card hanyalah perangkat komputer saja, namun sound card harus dimiliki pada semua komputer.

Komputer juga menyediakan sistem input dan output sinyal audio dari komputer dalam bawah kendali program komputer. Istilah kartu suara juga di terapkan pada antar muka audio eksternal yang digunakan untuk aplikasi audio profesional.

Sound card juga merupakan salah satu komponen multimedia yang tentu saja sangat berperan pada komputer. Disebut demikian karena perangkat yang berbentuk sebuah lempengan PCB ini mampu mengolah dan menghasilkan suara. Sound card, juga sering disebut audio card yang merupakan periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara.

Fungsi suara juga dapat di integrasikan ke motherboard, menggunakan komponen yang mirip dengan yang ditemukan pada kartu plug-in. Sistem suara terintegrasi sering kali masih disebut sebagai “Kartu Suara”. Perangkat keras pemrosesan suara juga hadir pada kartu video modern dengan HDMI untuk mengeluarkan suara bersama dengan video menggunakan konektor itu, sebelumnya mereka menggunakan koneksi SPDIF ke motherboard atau kartu suara.

Sound card yang sangat sederhana pada awalnya, hanya terdiri dari 8 bit, 11 kHz suara. Sound card dan perangkat audio komputer saat ini memiliki kemampuan merekam dan memutar ulang suara di hingga 32 bit, 192 kHz.

Pada awal kemunculan Sound card, para pembuat sound card menggunakan teknologi Frequency Modulation Synthesis untuk mengeluarkan bunyi dari MIDI. Musical Instrument Digital Interface (MIDI) adalah sebuah standar hardware dan software internasional untuk saling bertukar data (seperti kode musik dan MIDI Event di antara perangkat musik elektronik dan komputer dari merek yang berbeda.

Teknologi ini meniru instrumen musik, drum, dan efek lainnya secara matematis dengan memanipulasi gelombang sinus. FM Synthesis menggunakan satu sinyal periodik (pembawa) untuk “menumpang” frekuensi dari sinyal lain. Jika sinyal pembawa masih dalam batas pendengaran manusia, maka akan ada perubahan karakteristik (warna) suara dari sinyal yang “dimodulasi”. Namun pada perkembangannya daripada memanipulasi gelombang sinus, Wavetable Synthesis (Wave Sample Synthesis) digunakan untuk merekam contoh suara menjadi bunyi. Teknologi ini menyimpan suara berkualitas tinggi dan lebih sempurna dibandingkan FM Synthesis

Pada tahun 1987, AdLib Music Synthesizer Card, adalah salah satu sound card yang pertama keluar berdasarkan pada chip VIA Envy.

Sound card untuk komputer kompatibel dengan IBM PC itu luar biasa sampai 1988, yang meninggalkan satu speaker PC internal tunggal (ketika satu-satunya cara awal perangkat lunak PC bisa menghasilkan bunyi dan musik). Perangkat keras speaker pada umumnya dibatasi pada gelombang bujur sangkar, yang sesuai dengan nama julukan yang umum dari “tanda bunyi”.

Bunyi yang hasilnya secara umum digambarkan sebagai “tanda bunyi dan boops”. Beberapa perusahaan, paling khususnya Access Software, menggunakan teknik-teknik yang dikembangkan untuk reproduksi bunyi digital di atas pembicara PC. Model-model komputer rumah lain dari tahun 1980 mencakup dukungan perangkat keras untuk memputar ulang kembali bunyi digital, atau sintese musik (atau kedua-duanya), meninggalkan IBM PC dalam kemunduran kepada mereka ketika itu caine ke aplikasi-aplikasi multimedia seperti komposisi musik.

Sangat penting dicatat bahwa inisial rancangan dan pemasaran fokus pada kartu suara dengan platform IBM PC yang tidak digunakan untuk permainan, tetapi lebih kepada aplikasi audio seperti komposisi musik (AdLib Personal Music System, Creative Music System, IBM Music Featured Card) atau sintesis pembicaraan (Digispeech DS2001, Covox Speech Thing, Streets Electronic Echo). Hanya sampai Sierra dan perusahaan game lain terlibat pada 1988 mulai berubah ke arah permainan.

Selain pengertian yang telah di bahas diatas, berikut beberapa fungsi dari sound card:

  1. Mengkoversi sinyal digital dan analog ke bentuk gelombang sonic.
  2. Sebagai alat yang membantu memproses audio atau suara komputer.
  3. Memanjakan User.
  4. Merekam suara dari luar.
  5. Meningkatkan kualitas input dan output suara atau audio misalnya kualitas audio surround HD, home theater, dan bioskop.
  6. Membantu menambahkan fitur-fitur pengolahan suara seperti bass booster, 3D sound, theater sound, live sound dan berbagai fitur lengkap lainnya.
  7. Membantu mengatur besarnya volume dan equalizer suara yang keluar atau masuk (rekaman).
  8. Mengkonversi audio dari piringan hitam atau kaset pita kedalam bentuk audio data digital.
  9. Mengolah data suara rekaman (suara input) baik secara langsung bicara atau melalui perangkat headset atau perangkat ketiga seperti amplier atau microphone.
  10. Membantu editing dan mengolah suara atau audio musik.
  11. Memberikan variasi suara pada komputer.

Selain fungsi diatas, sound card juga mempunyai fungsi utama yaitu sebagai synthesizer, MIDI interface, pengonversi data analog ke digital dan pengkonversi data digital ke bentuk analog. Dan sound card biasanya juga terdapat pada komputer yang mempunyai ciri-ciri seperti Multimedia, sedangkan cara pengangkutan suaranya biasa menggunakan beberapa cara, yaitu:

  1. Melalui teknologi Frequency Modulation (FM) atau Sintesa (cara yang paling efektif untuk menghasilkan suara yang jernih).
  2. Suara disimulasikan dengan menggunakan bilangan algoritma untuk menghasilkan sine wave (gelombang yang lentur, sehingga menghasilkan suara yang mirip dengan suara aslinya).
  3. Cara Wavetable, ialah cara dengan merekam suara yang tersimpan pada chip sound card dan meneruskannya ke speaker untuk suara yang lebih keras lagi.

Jenis-jenis Sound Card

Sound Card juga sangat terkenal di Indonesia, tetapi Sound Card Blasterlah yang dibuat oleh Creative Labs. Sound card juga bisa memiliki jenis dari cara pemasangannya, yaitu:

  • Sound Card OnBoard

Sound Card Onboard merupakan card yang menempel langsung pada motheboard komputer. Sound card onbroad berbentuk seperti chipset yang langsung terpasang pada motheboard komputer dan membutuhkan tenaga processor. Sound card jenis ini dapat ditemui pada hampir semua motherboard yang ada di komputer anda. Dan jenis sound card seperti ini cocok jika anda hanya menggunakan aplikasi multimedia untuk mendengarkan musik dan suara dari film atau vidio kesukaan anda.

  • Sound Card OffBoard

Sound Card Offboard merupakan sound card yang dipasangkan pada slot ISA atau PCI yang ada dimotherboard komputer. Sound card jenis ini mempunyai kualitas suara yang bagus dari pada sound card onboard, yang bisa menmantapkan bunyi atau suara dari input ataupun suara output dengan hasil yang bagus dan memuaskan. Itu terjadi karena harganya sound card ini memiliki harga yang mahal.

  • Sound Card External

Sound Card External juga merupakan sound card yang di pasang melalui sebuah port external (USB atau FireWire). Sound card semisal ini merupakan model terbaru yang saat ini ini tidak sedikit dibutuhkan, selain hasil suaranya mempunyai kualitas, pemasangannya pun tinggal plug and play. Soundcard eksternal ini cocok dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan perekaman bunyi. Beberapa produsen sound card yng mencapai maupun meraih keberhasilan di Indonesia antara lain sound blaster serta creative labs.

Arti Warna Tombol Pada Sound Card

Kebanyakan orang ketika ingin mendengarkan suara dari komputer pasti akan memasukkan alat penghubung untuk bisa mendengarkan suara itu. Nah, sebelum memasukkan alat itu, apakah kamu sudah mengetahui arti dari beberapa warna yang ada dibelakang sound card? Berikut arti warna yang dimiliki sound card:

  • Digital Out (warna putih atau kuning), yang digunakan untuk mengirim Dolby digital atau DTS surround sound sebagai aliran audio digital tersandi ke sistem home theater atau sistem speaker digital.
  • Sound in atau Line in (warna biru), Sound in memiliki simbol panah yang berbentuk gelombang digunakan untuk sumber audio eksternal seperti tape recorder, record player dan CD player.
  • Microphone atau Mic (warna merah muda), tombol ini digunakan untuk microphone atau headphone.
  • Sound out atau line out (warna hijau), Sama seperti tombol sound in yang memiliki simbol panah yang menunjuk keluar gelombang yang merupakan koneksi suara utama untuk speaker atau headphone. Kartu suara dalam contoh ini juga mempunyai koneksi kedua (warna hitam) dan yang ketiga (warna oranye).
  • MIDI (warna emas), Midi memiliki 15 lubang kecil yang digunakan untuk menghubungkan instrumen musikal dan juga dapat difungsikan sebagai port game (joystick atau gamepad).

Bagaimana Cara Kerja Sound Card?

Sound Card dapat mengubah suara dalam bentuk sinyal digital ke dalam bentuk sinyal analog yang dikeluarkan oleh speaker. Sinyal digital tersebut sebelumnya telah disimpan dalam memori komputer dalam bentuk format waveform.wav atau mp3. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter ) mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.

Selain menghasilkan suara, sound card juga dapat berfungsi sebagai perekam dan pengolah suara. Suara yang masuk lewat membran microphone masih berbentuk sinyal-sinyal analog. Sinyal analog tersebut diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter) mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang continyu. Sinyal digital ini simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3.

Secara garis besar, sound card telah dijalankan dengan menggunakan 3 metode, yaitu:

1. Frequency Modulation (FM)

Sintesis suara jenis ini merupakan yang paling murah tapi juga kurang efektif. Di sini, suara disimulasikan menggunakan algoritma tertentu agar tercipta gelombang sinus yang karakteristiknya sedekat mungkin dengan suara asli.

2. Wavetable

Pada mekanisme kerja yang satu ini, sampel-sampel suara yang sudah direkam “disimpan” dalam kartu suara agar menghasilkan kualitas suara terbaik.

3. Physical Modeling

Mekanisme ini termasuk cukup rumit, dan merupakan tipe sintesis jenis baru dimana suara-suara disimulasikan oleh prosedur pemrograman yang begitu kompleks. Menilik dari fungsinya, sound card tampak sederhana. Tapi, apakah perangkat keras ini bekerja sesederhana itu? Bagaimana mekanisme kerja sound card sesungguhnya? Adapun mekanisme kerja sound card sehingga dapat mengeluarkan suara adalah sebagai berikut:

  1. Aksi yang dilakukan user membuat data digital berupa berkas audio atau yang mengandung konten audio bisa dibaca dari harddisk dan kemudian diteruskan kepada CPU.
  2. CPU meneruskan data digital tersebut ke unit DSP yang ada di sound card.
  3. DSP kemudian mengekstrak data digital tersebut.
  4. Aliran data digital yang terekstrak oleh DSP tersebut menjalani proses secara real-time oleh sirkuit chip DAC, dan menciptakan sinyal analog yang dapat pengguna nikmati via headphone atau speaker.

Demikian pembahasan mengenai Sound Card. Semoga adanya pembahasan diatas bisa membantu kita lebih mengenali lagi apa itu sound card beserta jenisnya. Sekian artikel yang saya buat, semoga dapat dimengerti dan tunggu artikel selanjutnya. Selamat membaca.

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In blog
Comments are closed.

Check Also

Penjelasan Mengenai Oracle, Salah Satu Database Paling Banyak Digunakan Di Dunia

Penggunaan database di era modern seperti sekarang ini sudah banyak sekali digunakan sebag…