Home blog 3 Jenis Perangkat Lunak Komputer Yang Memiliki Perannya Masing-Masing

3 Jenis Perangkat Lunak Komputer Yang Memiliki Perannya Masing-Masing

28 min read
Comments Off on 3 Jenis Perangkat Lunak Komputer Yang Memiliki Perannya Masing-Masing
1
15,728

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya komputer, bukan? Sebuah perangkat yang banyak digunakan di kantor, sekolahan, tempat kerja, atau bahkan di rumah anda sendiri.

Komputer juga terdiri dari dua perangkat yang biasa kalian kenal antara lain, perangkat lunak dan perangkat keras. Nah, ngomong-ngomong soal perangkat, tahu enggak kalian apa sih beda keduanya? Jika kalian masih bingung tentang salah satu perangkat ini, simak terus artikel kami di bawah ya.

Karena judulnya tentang jenis-jenis perangkat lunak komputer, jadi kita akan membahas tentang software saja, untuk hardware dan jenis lainnya, kita akan bahas dilain waktu ya.

Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan “bahasa pemrograman” yang ditulis oleh seorang pemrogram untuk selanjutnya dikompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware.

Karena disebut sebagai perangkat lunak (software), maka sifatnya juga berbeda dengan perangkat keras (hardware), jika hardware merupakan perangkat yang nyata yang dapat dilihat dengan jelas oleh mata dan dipegang secara langsung, maka software tidak dapat dipegang dan dilihat fisik bentuknya. Software memang tidak nampak secara fisik atau berwujud benda, namun software dapat dioperasikan dan dijalankan.

Perangkat lunak seperti Windows atau Linux bisa disebut sebagai nyawa dari komputer, di mana tanpa menginstal sistem operasi tersebut maka komputer tidak akan dapat dijalankan. Perangkat lunak sistem operasi biasanya tersimpan di partisi C sehingga saat komputer mengalami masalah, partisi C yang terkena imbasnya.

Perangkat lunak lain juga tersimpan di partisi C yang apabila komponen tidak lagi berjalan maksimal dapat diuninstal dan diinstal ulang. Data-data lain lebih baik disimpan di partisi D sehingga saat software terkena virus atau tidak berjalan normal kembali, maka dapat diinstal ulang dan data penting dapat diselamatkan.

Perangkat lunak komputer pada dasarnya adalah program dan prosedur yang dimaksudkan untuk melakukan tugas tertentu pada suatu sistem. Dari bahasa assembly tingkat terendah hingga bahasa tingkat tinggi, ada berbagai jenis perangkat lunak aplikasi.

Sistem perangkat lunak komputer diklasifikasikan menjadi tiga jenis utama yaitu perangkat lunak sistem, perangkat lunak pemrograman dan perangkat lunak aplikasi. Aduh, apalagi ini?

Tenang guys, anda tidak usah khawatir karena kami akan menjelaskan semua tentang perangkat ini semua buat anda yang belum paham benar. Daripada anda garuk-garuk kepala sendiri, langsung aja kita simak ulasan ketiga jenis perangkat ini biar anda enggak kebingungan sendiri, hahaha.

Pengertian Komputer Beserta Fungsi Perangkatnya

 

Sebelum kita masuk dari inti pembahasan kami, ada baiknya anda harus mengenal lebih dulu apa itu komputer. Dan, biasanya terdapat beberapa perangkat yang dipakai untuk melengkapi sebuah komputer itu sendiri.

Jika kita lihat dari segi teknologi, komputer adalah sekelompok perangkat yang terdiri dari jutaan komponen yang saling terkait untuk membantu manusia melakukan tugas yang membutuhkan kerapian dan ketelitian. Seperangkat komputer desktop terdiri dari beberapa bagian.

Berikut adalah beberapa macam perangkat komputer dan fungsinya. Langsung saja kita simak yang pertama:

  • CPU

CPU (Central Processing Unit) adalah bagian terpenting dari komputer karena merupakan pusat dari komputer. Semua perangkat lain seperti keyboard, mouse, monitor, dan lain-lain dipasang di komputer.

Di CPU, juga terdapat motherboard yang tertanam prosesor yang merupakan otak dari komputer itu sendiri. Hard disk juga terpasang di CPU.

  • Monitor

Monitor adalah perangkat yang berfungsi untuk melihat apa yang sedang kita kerjakan di komputer. Tanpa monitor, kita seolah-olah “buta” saat menggunakan komputer. Maka dari itu, monitor merupakan salah satu perangkat terpenting di komputer. Ada tiga jenis monitor yaitu monitor CRT, LCD, dan LED.

  • Keyboard

Keyboard adalah perangkat komputer yang berisi berbagai tombol angka, huruf, dan beberapa fungsi lainnya. Keyboard sangat berguna saat kita hendak mengetik di komputer. Keyboard juga berfungsi sebagai shortcut suatu fungsi tertentu sehingga bekerja di komputer menjadi lebih mudah.

  • Mouse

Mouse atau tikus adalah perangkat yang bentuknya seperti tikus dan terdapat sensor atau bola di bawahnya. Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor yang sering ditandai dengan arah panah. Kursor sangat penting karena dapat memudahkan kita untuk memberi perintah kepada komputer. Bisa dikatakan mouse adalah alternatif jika layar komputer tidak taoch screen (layar sentuh).

  • Speaker

Speaker adalah perangkat komputer yang dapat mengeluarkan output suara. Sebenarnya speaker tidak terlalu penting untuk dipasang. Tetapi karena saat ini banyak orang yang menggunakan komputer sebagai salah satu sarana multimedia, sepertinya speaker menjadi penting. Speaker biasanya berjumlah sepasang dan ditempatkan di sebelah kiri dan kanan monitor.

  • Joystick (Opsional)

Jika anda ingin merasakan sensasi bermain game di komputer seperti di konsol, maka anda perlu memiliki sebuah atau sepasang joystick. Joystick Xbox juga dapat digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.

  • Printer (Opsional)

Printer adalah perangkat yang berfungsi mencetak dokumen atau gambar pada komputer pada suatu kertas. Printer berguna jika anda ingin mencetak dokumen makalah, laporan, atau skripsi. Jika jarang digunakan, sebaiknya anda hanya mencetaknya di jasa printer terdekat.

  • Trackpad (Opsional)

Trackpad adalah perangkat yang juga berfungsi untuk menggerakan kursor. Biasanya trackpad terdapat di laptop. Saat ini pengguna komputer Windows jarang menggunakan trackpad. Namun produsen komputer Mac masih menjual trackpad.

  • Drawing Pad (Opsional)

Drawing pad cocok digunakan bagi mereka yang suka menggambar dengan menggunakan komputer. Hasil gambar akan sama seperti hasil gambar dengan menggunakan kertas biasa jika digambar dengan bantuan drawing pad.

  • Modem (Opsional)

Modem adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk menerima dan mengirim data ke server. Modem biasa digunakan untuk berselancar di internet.

  • Headset (Opsional)

Fungsi headset atau headphone sama saja dengan fungsi speaker, yakni mengeluarkan suara. Namun headset berada sangat dekat di kedua telinga. Para gamers sering menggunakan headset saat bermain game supaya tidak menggangu orang di sekitarnya.

  • Scanner (Opsional)

Scanner adalah perangkat yang berfungsi untuk menyalin data analog (tulisan atau gambar di kertas) dan mengubahnya menjadi data digital. Perangkat ini sering menyatu dengan printer sehingga dapat juga berfungsi sebagai mesin fotokopi.

  • Webcam (Opsional)

Fungsi webcam sama halnya dengan fungsi kamera depan pada ponsel yaitu untuk ber-selfie maupun untuk melakukan video call.

  • Microphone (Opsional)

Microphone adalah perangkat pengubah suara menjadi suara digital. Fungsi microphone adalah untuk merekam suara kita. Biasanya perangkat ini digunakan oleh para gamers, konferensi, atau untuk melakukan video call.

  • Barcode Scanner (Opsional)

Untuk yang terakhir ini, pasti jarang bahkan tidak mungkin ada di dalam kantor anda, bukan? Ya, Barcode atau Barkot dalam bahasa keseharian kita merupakan alat yang biasa dipakai di kasir-kasir seperti mall, swalayan ataupun toko pakaian.

Barcode scanner adalah alat pembaca barcode. Barcode adalah kode berupa garis-garis yang biasa terdapat di bungkus makanan. Barcode sangat berguna bagi kasir supermarket untuk mempermudah mencatat pembelian.

Perangkat-perangkat di atas merupakan satu kesatuan dari komputer meski tidak semuanya. Beberapa diantara hanya digunakan untuk keperluan pribadi dan bukan untuk kebutuhan komputer itu sendiri. Sekarang, mari kita masuk ke inti dari pembahasan artikel ini. Langsung aja kita simak.

Perangkat Lunak Sistem

Ini adalah perangkat system yang utama di dalam komputer kita. Kalau pada smartphone kita kenal ada Android, IOS, Blackberry, dan berbagai macam jenis lainnya.

Di komputer kita kenal seperti Windows, Linux, Ubuntu, Macintosh, dan banyak lainnya yang tidak kita ketahui. Secara keseluruhan, perangkat lunak sistem adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan atau merupakan suatu kesatuan.

Diambil dari bahasa Latin dan orang Yunani, istilah “sistem” diartikan sebagai mengabungkan, untuk mendirikan, untuk menempatkan secara bersamaan. Suatu sistem biasanya terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran materi atau energi.

Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Perangkat lunak sistem adalah suatu istilah generik yang merujuk pada jenis perangkat lunak komputer yang mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Ia merupakan bagian esensial dari sistem komputer.

Sistem operasi adalah suatu contoh yang jelas, sedangkan OpenGL atau pustaka basis data adalah contoh lainnya. Perangkat lunak jenis ini dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi, yang merupakan program yang membantu pengguna melakukan tugas spesifik dan produktif, seperti pengolahan kata atau manipulasi gambar.

Untuk lebih jelasnya kita akan teruskan pembahasan perangkat lunak sistem dengan perangkat lunak jenis lainnya. Namun berikut beberapa jenis perangkat lunak komputer sistem yang banyak digunakan di Indonesia.

  • Microsoft Windows

Mungkin sebagian besar dari anda yang sedang membaca tulisan ini juga menggunakan sistem operasi komputer ini. Microsoft Windows atau mudah disebut dengan windows ini dikembangakn oleh Microsoft.

Awalnya sistem ini dikenal dengan nama MS-Dos, namun seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin maju, windows kini telah berevolusi mulai dari windows xp, kemudian Vista, Windows 7, 8 dan sekarang Windowsn 10.

Di Indonesia, persentase paling besar pengguna komputer adalah menggunakan sistem operasi Windows. Bagaimana sejarahnya awalnya kami juga tidak tahu tapi kemungkinan, karena windows memiliki jaringan pemasaran yang luas, pemakaian yang mudah dan juga bisa dipasang hampir di semua merk perangkat keras komputer.

Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah sebagai berikut:

  • Menyimpan program dan aksesnya
  • Membagi tugas di dalam CPU
  • Mengalokasikan tugas-tugas penting
  • Merekam sumber-sumber data
  • Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
  • Memeriksa kesalahan sistem
  • Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″, Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP
  • Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID

Perangkat Lunak Pemrograman

Masuk pada perangkat yang kedua yaitu perangkat lunak pemrograman yang dimana merupakan software bahasa komputer yang digunakan dengan cara merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri.

Komputer mengerjakan transformasi data berdasarkan kumpulan perintah program yang telah dibuat oleh program. Kumpulan perintah ini harus dimengerti oleh komputer, berstruktur tertentu (syntax) dan bermakna. Bahasa pemrograman merupakan notasi untuk memberikan secara tepat program komputer.

Berbeda dengan bahasa, misalkan Bahasa Indonesia dan Inggris yang merupakan bahasa alamiah (natural language), sintaksis dan semantik bahasa pemrograman komputer ditentukan secara jelas dan terstruktur, sehingga bahasa pemrograman juga disebut sebagai bahasa formal (formal language). Menurut tingkatannya, bahasa pemrograman dibagi menjadi 3 tingkatan, yaitu:

  • Bahasa Tingkat Rendah (low level language)

Bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language) merupakan bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja karena isinya programnya berupa kode-kode mesin.

  • Bahasa Tingkat Menengah (midlle level language)

Bahasa pemrograman tingkat menengah (middle level language) merupakan bahasa pemrograman dimana pengguna instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan singkatan-singkatan seperti “STO” artinya simpan (STORE) dan “MOV” artinya pindahkan (MOVE). Yang tergolong dalam bahasa ini adalah assembler.

  • Bahasa Tingkat Tinggi (high level language)

Bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) merupakan bahasa yang mempunyai ciri lebih terstruktur, mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari, contoh bahasa level ini adalah Delphi, Pascal, ORACLE, MS-SQL, Perl, Phyton, Basic, Visual Studio (Visual Basic, Visual FoxPro), Informix, C, C++, ADA, Java, PHP, ASP, XML, dan lain-lain.

Bahasa seperti Java, PHP, ASP, XML biasanya digunakan untuk pemrograman pada internet dan masih banyak lagi yang terus berkembang yang saat ini biasanya dengan ekstensi.net (dibaca dot net) seperti Visual Basic.NET dan Delphi.Net yang merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan pada aran berbasis internet.

Perangkat Lunak Aplikasi

Selanjutnya adalah jenis perangkat lunak aplikasi, contoh dan macam-macam perangkat lunak aplikasi dan mungkin paling banyak diantara jenis perangkat lunak komputer yang lainnya.

Perangkat lunak aplikasi adalah sebuah perangkat yang memiliki fungsi selain sebagai sistem operasi dan pengendali. Perangkat aplikasi ini biasanya disebut juga dengan program komputer. Fungsinya sangat bermacam–macam tergantung dari jenisnya.

Untuk memperjelas pembahasan tentang perangkat lunak aplikasi, berikut ini beberapa jenis dan contoh perangkat lunak aplikasi yang hampir selalu ada di dalam komputer, antara lain:

Pengolah Kata

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengolah kata. Sebagian orang menggunakan aplikasi ini untuk semua kebutuhan yang berkaitan dengan tulis menulis, beberapa program aplikasi pengolah kata antara lain: Microsoft Word, Wordstar, Chiwriter,Notepad, dll.

Pengolah Angka

Aplikasi pengolah angka digunakan untuk menyelesaikan segala sesuatu yang berhubungan dengan perhitungan. Aplikasi ini mampu menemukan jawaban atas penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian dari beberapa data. Selain itu Anda dapat menyajikan data dalam bentuk tabel. Beberapa contoh aplikasi pengolah kata antara lain adalah Lotus 123, Microsoft Excel.

Presentasi

Program aplikasi ini berguna untuk membantu orang saat melakukan presentasi. Dalam program ini disediakan berbagai macam bentuk tampilan untuk presentasi. Salah satu contoh aplikasi Microsoft PowerPoint.

Pengolah Grafis

Aplikasi yang membantu anda dalam pengolahan gambar. Mulai dari melihat gambar mengedit gambar atau langsung menggambar dengan komputer. contoh aplikasi pengolah grafis adalah Adobe Photoshop dan CorelDraw

Video Editing

Tidak banyak orang yang menggunakan aplikasi ini. Video editing biasa digunakan untuk mengedit hasil gambar video. Kebanyakan orang tergendut di dunia media rekam menggunakan program ini contoh aplikasi video editing adalah Flash Effect Maker, Pinneacle Studio.

Pengolah Data

Program pengolah data sangat dibutuhkan dalam mengolah data yang banyak jumlahnya. Misalnya menyimpan data murid-murid di sekolah, karyawan di suatu kantor atau perusahaan yang sangat besar dan lain sebagainya. program-program ini diantaranya adalah Visual Poxro, SPSS, Microsoft Access.

Aplikasi Internet

Setiap sistem operasi pada komputer yang Anda gunakan biasanya telah menyediakan program aplikasi untuk mengakses internet. Contohnya pada sistem operasi Windows XP terdapat program Internet Explorer.

Ada berbagai jenis perangkat lunak aplikasi seperti lisensi, dijual, freeware, shareware, dan open source. Perangkat lunak aplikasi harus diinstal atau dapat dijalankan secara online. Perangkat lunak aplikasi juga dapat dibedakan berdasarkan penggunaan sebagai berikut:

  • Program utilitas
  • Program umum
  • Program terpadu
  • Perangkat lunak khusus
  • Perangkat lunak dipesan lebih dahulu
  • Perangkat lunak pengolah kata
  • Perangkat lunak desktop publishing
  • Perangkat lunak spreadsheet
  • Perangkat lunak basis data
  • Perangkat lunak presentasi
  • Browser Internet
  • Program Email
  • Program Grafis (berbasis Pixel)
  • Program Grafik (berbasis vektor)
  • Perangkat lunak komunikasi seperti komunikasi melalui audio, video atau obrolan berbasis berarti

Cara Menghubungkan Komputer Ke Perangkat lain Menggunakan Bluetooth

Sampai detik ini, siapa coba yang enggak kenal dengan Bluetooth, pasti semua orang tahu apa itu Bluetooth. Sebuah standar teknologi wireles yang masih tetap dipakai hingga saat ini. Kemunculannya sendiri menggantikan perangkat InfraRed begitu sangat terasa di masyarakat.

Bluetooth adalah standar teknologi wireless yang memungkinkan pertukaran data antara dua atau lebih perangkat dalam jarak pendek. Bluetooth 4.0 merupakan teknologi bluetooth versi terbaru dengan keunggulan lebih hemat energi dan memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan versi sebelumnya.

Banyak sekali hardware komputer yang ada saat ini telah menggunakan teknologi bluetooth seperti speaker, keyboard, mouse dan lain sebagainya.

Untuk membuat koneksi antar perangkat menggunakan bluetooth itu disebut dengan pairing. Perangkat-perangkat yang dihubungkan, misalnya laptop dan smartphone, perlu diletakkan berdekatan agar tetap berada dalam jangkauan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghubungkan komputer dengan sebuah smartphone android anda.

Untuk mempercepat pencarian pengaturan bluetooth, ketikkan “Bluetooth” di kotak Search dan kemudian klik Bluetooth settings. Dari jendela PC setting yang muncul, klik Bluetooth dan di area sebelah kanan, geser slider Bluetooth dari Off menjadi On. Komputer anda akan mencari perangkat-perangkat yang menggunakan teknologi bluetooth dengan status on (nyala).

Sebuah ikon perangkat XT1033 telah terdeteksi misalnya smartphone Android Motorola Moto G dengan status Ready to pair. Klik perangkat tersebut untuk menampilkan tombol Pair dan selanjutnya klik tombol Pair untuk mulai menghubungkan ke perangkat.

Dari kotak dialog Campare the passcodes yang muncul dengan kode 810527 (kode yang muncul berbeda-berbeda), klik tombol Yes untuk mengkonfirmasi. Kode 8105527 juga muncul di perangkat Android untuk memastikan kesamaannya, klik Pair untuk mengkonfirmasi.

Ikon perangkat smartphone Android Motorola Moto G yang sebelumnya berstatus Ready to pair kini berubah menjadi Connected. Ini menandakan bahwa komputer dan smartphone Android anda sudah terhubung melalui teknologi bluetooth. Apabila di taskbar muncul ikon smartphone, klik ikon tersebut untuk menampilkan jendela Bluetooth Operatons.

Macam dan contoh perangkat lunak untuk maintenance ada banyak sekali dan Windows atau sistem operasi komputer kita juga secara default sudah menyediakan. Tinggal kita mau menggunakan dan memilih yang mana. Contoh yang banyak digunakan seperti Ccleaner, TuneUp Utilitis, dan banyak lagi yang lainnya.

Kalau kita mau menggali semua, tentunya ada lebih banyak software atau perangkat lunak komputer lainnya yang akan kita temukan. Melebihi apa yang sudah kita bahas. Tapi apa yang sedikit kita bahas ini, merupakan contoh perangkat lunak komputer yang selalu digunakan.

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In blog
Comments are closed.

Check Also

Penjelasan Mengenai Oracle, Salah Satu Database Paling Banyak Digunakan Di Dunia

Penggunaan database di era modern seperti sekarang ini sudah banyak sekali digunakan sebag…